RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)
Nama Sekolah                 :
MIS Nurul Falah
Mata Pelajaran                :
Fiqih
Materi Pokok                   : Tata Cara dan
Hikmah Zakat
Kelas/Semester                :
IV/I
Pertemuan ke                  :
7,
8 dan 9
A.          
Standar
Kompetensi
Mengenal
ketentuan zakat
B.           
Kompetensi
Dasar
Mempraktekkan
tata cara zakat mal dan zakat fitrah
C.          
Indikator
Pencapaian Kompetensi
-         
Mensimulasikan tata
cara mengeluarkan zakat mal
-         
Mendemonstrasikan
cara mengeluarkan zakat fitrah
-         
Melafalkan niat
menunaikan zakat mal
-         
Melafalkan niat
menunaikan zakat fitrah
-         
Menyebutkan hikmah
zakat mal
-         
Menyebutkan hikmah
zakat fitrah
D.          
Tujuan
Pembelajaran
-         
Dengan metode diskusi
dan pengunnaan strategi role play siswa
diharapkan dapat mendemonstrasikan tata cara mengeluarkan zakat mal dan zakat
firah
-         
Dengan metode penugasan
dan penggunaan strategi reading aloud  siswa diharapkan dapat melafalkan niat
mengeluarkan zakat mal dan zakat fitrah dengan baik dan benar
-         
Dengan metode
diskusi dan refleksi dan strategi seeing
jow it is? Siswa diharapkan dapat menyebutkan hikmah zakat mal dan zakat
firah
E.           
Karakter yang Diharapkan
Religius dan
Berani
F.           
Materi
Pokok
1.     
Tata cara
zakat fitrah dan zakat mal
2.     
Hikmah
mengeluarkan zakat fitrah dan zakat mal
3.     
Lafal niat
menunaikan zakat fitrah dan zakat mal
G.          
Metode/Strategi
Pembelajaran
a.     
Metode        : Ceramah, Tanya Jawab , Diskusi dan Penugasan
b.     
Strategi        : Role Play, Reading Aloud dan Seeing Ho it
is?
H.          
Kegiatan
Pembelajaran
Kegiatan
  pembelajaran 
 | 
  
Waktu 
 | 
  
Model
  Pembelajaran 
 | 
 |
Pendahuluan
   
 | 
  
·     
  Guru mengawali
  kegiatan belajar secara Islami : Salam pembuka, doa sebelum memulai pelajaran 
·     
  Guru memberikan
  apersepsi sebelum pembelajaran dimulai 
·     
  Guru  menjelaskan tujuan pembelajaran yang akan
  dicapai. 
 | 
  
15 menit 
 | 
  
Ceramah 
Tanya Jawab 
 | 
 
Inti 
 | 
  
Pertemuan ke-1 
·     
  Siswa dibagi
  menjadi 2 kelompok besar 
·     
  Setiap
  kelompok mendapatkan satu  narasi drama
  pendek. Berdasarkan narasi siswa diminta menentukan perannya masing-masing
  dalam kelompok 
·     
  Setiap
  kelompok diminta untuk mensimulasikan drama pendek tentang tata cara
  mengeluarkan zakat di depan kelas 
·     
  Setiap
  kelompok memberikan komentar terhadap kelompok yang lain 
·     
  Kelompok
  terbaik mendapatkan reward 
Pertemuan Ke-2 
·     
  Guru
  memberikan siswa materi bacaan niat zakat fitrah dan mal dalam bentuk tulisan
  di papan tulis 
·     
  Guru meminta
  siswa membacakan secara keras niat zakat secara bersama-sama 
·     
  Guru meminta
  siswa secara acak mengulang bacaan 
·     
  Siswa diminta
  menghafalkan bacaan niat zakat fitrah dan zakat mal 
·     
  Guru meminta
  sukarelawan atau secara acak meminta mereka membacakan hafalannya 
·     
  Guru
  memberikan koreksi dan masukan terhadap bacaan siswa 
Pertemuan Ke-3 
·     
  Siswa dibagi
  menjadi 2 kelompok besar berdasarkan kelompok drama pada pertemuan sebelumnya 
·     
  Setiap
  kelompok diminta mengungkapkan perasaan pemain saat drama pendek berlangsung 
·     
  Refleksi
  dibuat dalam bentuk tulisan 
·     
  Setiap
  kelompok diminta untuk menunjuk 1 orang sebagai juru bicara dalam kelompoknya 
·     
  Juru bicara
  dalam kelompok menjelaskan refleksi yang mereka buat pada kelompok yang lian,
  begitu juga kelompok yang satunya 
 | 
  
45 
Menit 
 | 
  
Role Play 
Reading Aloud 
Seeing How it is? 
 | 
 
Penutup 
 | 
  
·     
  Siswa diberi
  kesempatan bertanya tentang materi yang belum mereka fahami 
·     
  Guru
  memberikan kesimpulan dari materi yang disampaikan 
·     
  Guru
  menyampaikan rencana pembelajaran pada pertemuan selanjutnya 
·     
  Guru
  mengakhiri pelajaran secara Islami : Do’a setelah belajar, salam penutup 
 | 
  
10
  menit 
 | 
  
Tanya
  Jawab 
Ceramah 
 | 
 
I.        
Sumber
dan Alat
a.   
Sumber :
Arina Manasikana,
2011. Fikih untuk
Madrasah Ibtidaiyah Kelas IV, Yogyakarta: Insan Madani
b.   
Alat
-      
Narasi Drama
J.       
Penilaian
Aspek
  yang dinilai 
 | 
  
Jenis
  Penilaian 
 | 
  
Bentuk
  Instrumen 
 | 
 
Kognitif  
 | 
  
Tes Tulis 
 | 
  
Soal   
 | 
 
Psikomotor 
 | 
  
Performance 
 | 
  
Chek list performance 
 | 
 
Afektif 
 | 
  
Pengamatan siswa di kelas  
 | 
  
Rubrik Sikap 
 | 
 
Mengetahui 
Kepala
  MIS Nurul Falah 
Masiati, S.Pd.I 
NIP. 19710612
  2005 012 003 
 | 
  
       Patuno, 27 Sepetember 2014 
Guru
  Kelas 
Maria
  Ulfah S.Pd.I 
   NIR. 0714017 
 | 
 
No comments:
Post a Comment