RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)
Nama Sekolah                 :
MIS Nurul Falah
Mata Pelajaran                :
Fiqih
Materi Pokok                   : Zakat Mal
Kelas/Semester                :
IV/I
Pertemuan ke                  :
1,
2 dan 3
A.          
Standar
Kompetensi
Mengenal
ketentuan zakat
B.           
Kompetensi
Dasar
Menjelaskan
ketentuan zakat mal
C.          
Indikator
Pencapaian Kompetensi
-         
Menyebutkan
pengertian zakat mal
-         
Menyebutkan hukum
menunaikan zakat mal
-         
Menyebutkan harta
yang wajib dizakati
-         
Menyebutkan jumlah
harta yang wajib dizakati
-         
Menyebutkan jumlah
zakat mal yang harus dikeluarkan
-         
Menyebutkan batas
waktu untuk mengeluarkan zakat (haul)
D.          
Tujuan
Pembelajaran
-         
Dengan metode cermah
dan tanya jawab serta penggunaan starategi parodi lagu siswa diharapkan dapat
menyebutkan pengertian zakat mal dan hukum menunaikan zakat mal dengan baik dan
benar
-         
Dengan metode
permainan dan strategi index card match
siswa diharapkan dapat menyebutkan harta yang wajib dizakati dan jumlah harta
yang harus dizakati dengan baik dan benar
-         
Dengan metode diskusi
dan permainan, tanya jawab dan strategi quiz
team siswa diharapkan dapat menyebutkan jumlah zakat mal yang harus
dikeluarkan dan batas waktu untuk mengeluarkannya (haul) dengan baik dan benar
E.           
Karakter yang Diharapkan
Religius dan
Berani
F.           
Materi
Pokok
1.     
Tata cara
zakat mal
G.          
Metode/Strategi
Pembelajaran
a.     
Metode        : Ceramah, Tanya Jawab , Diskusi dan Permainan
b.     
Strategi        : Parodi lagu, Index Card Match dan Quiz Team
H.          
Kegiatan
Pembelajaran
| 
   
Kegiatan
  pembelajaran 
 | 
  
   
Waktu 
 | 
  
   
Model
  Pembelajaran 
 | 
 |
| 
   
Pendahuluan
   
 | 
  
   
·     
  Guru mengawali
  kegiatan belajar secara Islami : Salam pembuka, doa sebelum memulai pelajaran 
·     
  Guru memberikan
  apersepsi sebelum pembelajaran dimulai 
·     
  Guru  menjelaskan tujuan pembelajaran yang akan
  dicapai. 
 | 
  
   
15 menit 
 | 
  
   
Ceramah 
Tanya Jawab 
 | 
 
| 
   
Inti 
 | 
  
   
Pertemuan ke-1 
·     
  Siswa diberikan kertas yang berisi
  parodi lagu tentang zakat mal 
·     
  Guru memberi contoh parodi lagu
  yang akan dinyanyikan 
·     
  Guru meminta
  siswa bersama-sama menyanyikan lagu zakat mal 
·     
  Guru meminta
  perwakilan siswa atau menunjuk secara acak pada siswa untuk menyanyikan lagu
  zakat di depan kelas 
·     
  Guru
  memberikan koreksi jika terdapat kesalahan 
·     
  Guru
  memberikan penguatan materi 
Pertemuan Ke-2 
·     
  Siswa
  mendegarkan penjelasan guru tentang harta yang wajib dizakati dan nisabnya 
·     
  Siswa dibagikan
  kertas berwarna hijau yang berisi tulisan harta yang wajib dizakati 
·     
  Siswa yang
  lain diberikan kertas berwarna orange berisi tulisan nisab harta yang
  dizakati 
·     
  Siswa
  diminta mencari pasangannya sesuai dengan kartu yang ia miliki (hijaus vs
  orange) 
·     
  Guru meminta
  perwakilan siswa untuk menunjukkan kartunya dan pasangannya 
·     
  Siswa
  bersama guru mengoreksi hasil masing-masing pasangan 
Pertemuan Ke-3 
·     
  Siswa dibagi
  menjadi 2 kelompok besar 
·     
  Setiap
  kelompok mendapatkan ringkasan materi yang sudah disiapkan guru 
·     
  Setiap
  kelompok diminta membaca dengan seksama dan mendiskusikan materi yang telah
  dibagikan 
·     
  Setiap
  kelompok diminta untuk menunjuk 1 orang sebagai juru bicara dalam kelompoknya 
·     
  Guru
  membacakan soal quiz, soal dilombakan dalam bentuk rebutan. kelompok yang
  paling banyak menjawab dengan benar akan menjadi pemenangnya 
·     
  Tiap
  kelompok berperan sebagai juri jawaban kelompok lainnya 
 | 
  
   
45 
Menit 
 | 
  
   
Parodi  Lagu 
Index Card Match 
Quiz Team 
 | 
 
| 
   
Penutup 
 | 
  
   
·     
  Siswa diberi
  kesempatan bertanya tentang materi yang belum mereka fahami 
·     
  Guru
  memberikan kesimpulan dari materi yang disampaikan 
·     
  Guru
  menyampaikan rencana pembelajaran pada pertemuan selanjutnya 
·     
  Guru
  mengakhiri pelajaran secara Islami : Do’a setelah belajar, salam penutup 
 | 
  
   
10
  menit 
 | 
  
   
Tanya
  Jawab 
Ceramah 
 | 
 
I.        
Sumber
dan Alat
a.   
Sumber :
Arina Manasikana,
2011. Fikih untuk
Madrasah Ibtidaiyah Kelas IV, Yogyakarta: Insan Madani
b.   
Alat
-      
Kertas indeks
J.       
Penilaian
| 
   
Aspek
  yang dinilai 
 | 
  
   
Jenis
  Penilaian 
 | 
  
   
Bentuk
  Instrumen 
 | 
 
| 
   
Kognitif  
 | 
  
   
Tes Tulis 
 | 
  
   
Soal   
 | 
 
| 
   
Afektif 
 | 
  
   
Pengamatan siswa di kelas  
 | 
  
   
Rubrik Sikap 
 | 
 
| 
   
Mengetahui 
Kepala
  MIS Nurul Falah 
Masiati, S.Pd.I 
NIP. 19710612
  2005 012 003 
 | 
  
   
       Patuno, 27 Agustus 2014 
Guru
  Kelas 
Maria
  Ulfah S.Pd.I 
   NIR. 0714017 
 | 
 
No comments:
Post a Comment