Thursday 12 May 2016

Contoh Portofolio Pengbadian dan Pemberdayaan Masyarakat Berbasis Pendidikan



Portofolio Pengabdian dan Pemberdayaan Masyarakat Maria Ulfah

Pengabdian yang saya ikuti bernama Sekolah Guru Indonesia. Ini adalah program menjadi guru model di daerah 3T selama satu tahu. Program ini diselenggarakan oleh Dompet Dhuafa. Program ini merekrut 30 anak muda yang diseleksi dari seluruh Indonesia. 30 orang terpilih di bagi menjadi 5 tim, dengan 6 orang per tim nya. Pada tahun 2015 SGI mengirim 6 tim di daerah Pandeglang-Banten, Sumbawa-NTB, Nunukan-Kalimantan Utara, Kuburaya-Kalimantan Barat, dan Wakatobi-Sulawesi Tenggara. Selama satu tahun saya bersama 5 anggota tim lainnya mengabdi di daerah wakatobi yang terbagi dalam 6 titik. Kami ber 6 berada di 6 kecamatan yang berbeda. Selama satu tahun melakukan berbagai macam kegiatan seperti mengajar, menulis di media masa, mengisi acara di tv local, membangun jaringan dengan  dinas terkait, melakukan penelitian dan memberika kegiatan parenting pada orang tua siswa door to door. Selain itu kami juga mengadakan berbagai event besar di wakatobi bekerjasama dengan stake holder setempat. Selama program, kami juga memberikan pelatihan kepada guru-guru di Wakatobi melalui kerjasama dengan dinas pendidikan wakatobi dan kementerian agama kab.wakatobi.
IMG_8561.JPGSelain itu, kami juga mengajak seluruh jejaring yang kami miliki untuk ikut terlibat, berkontribusi untuk pendidikan Indonesia. Diantara kerjasama yang sempat kami jalin adalah kerjasama program Gemari Buku kerjasama Komunitas Filantrophi Pendidikan dan Kementerian Keuangan, Program Sepatu untuk Indonesia kerjasama dengan Persatuan Pelajar Indonesia Korea.






Berikut Dokumentasi Kegiatannya

















Awal Keberangkatan
 


Mengajar di Sekolah Penempatan
 










Pelatihan Kurikulum bersama Guru-guru
 

Selepas Kegiatan Istana Anak
 

 



















             






















Salah satu tulisan yang dimuat di Buton Pos
 









IMG_5920.JPG

 




















                                 







Wisuda Santri TPA
 

Sepatu untuk Indonesia kerjasama dg PPI Korea
 


 

Program Pemberdayaan Masyarakat Berbasis Pendidikan
Tim Wakatobi memilih PPMBP berupa Istana Baca Wakatobi yang kami singkat dengan IBW. IBW didirikan di setiap desa ditempat kami ditugaskan. IBW ada di 6 titik di 4 pulau besar Wakatobi. IBW didirikan dengan dilatar belakangi kurangnya minat baca anak-anak Wakatobi, disamping itu buku merupakan hal yang masih sulit untuk ditemukan di pulau ini. Letak pulau yang cukup terpencil dengan hanya mengandalkan transportasi air menjadi salah satu kendala besar sulitnya mendapatkan buku disini. Jikapun ada, harganya masih sulit untuk di jangkau. Oleh karenanya kami menginisiasi untuk membangun IBW ini. Kami melakukan komunikasi pada inas setempat dan juga mengerahkan sosmed dan juga kunjungan ke beberapa instansi media untuk membantu program ini. Dengan bantuan dari berbagai pihak akhirnya IBW bisa berdiri dan kini telah diteruskan oleh kepengurusan yang telah dibina oleh guru SGI.
 Sosialisasi Program ke Media
















 















Pembuatan Istana Baca dan Kegiatan Istana Baca


















 

No comments:

Post a Comment