RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)
Nama Sekolah                 :
MIS Nurul Falah
Mata Pelajaran                :
Fiqih
Materi Pokok                   : Infaq dan
Shadaqah
Kelas/Semester                :
IV/I
Pertemuan ke                  :
10
dan 11
A.          
Standar
Kompetensi
Mengenal
ketentuan infaq dan shadaqah
B.           
Kompetensi
Dasar
Menjelaskan
ketentuan infaq dan shadaqah
C.          
Indikator
Pencapaian Kompetensi
-         
Menyebutkan
pengertian zakat infaq
-         
Menyebutkan hukum infaq
-         
Menyebutkan pengertian
shadaqah
-         
Menyebutkan hukum
shadaqah
-         
Membedakan anatara
infaq dan shadaqah
D.          
Tujuan
Pembelajaran
-         
Dengan metode tanya
jawab dan permianan dan strategi card match
siswa diharapkan dapat menyebutkan pengertian dan hukum dari infaq dan shadaqah
dengan baik dan benar
-         
Dengan metode
permainan dan strategi go to your post
siswa diharapkan dapat membedakan antara infaq dan shadaqah
E.           
Karakter yang Diharapkan
Religius dan
Berani
F.           
Materi
Pokok
1.     
Infaq dan
Shadaqah
G.          
Metode/Strategi
Pembelajaran
a.     
Metode        : Ceramah, Tanya Jawab , Diskusi dan Permainan
b.     
Strategi        : Card Match dan
Go to Your Post
H.          
Kegiatan
Pembelajaran
| 
   
Kegiatan
  pembelajaran 
 | 
  
   
Waktu 
 | 
  
   
Model
  Pembelajaran 
 | 
 |
| 
   
Pendahuluan
   
 | 
  
   
·     
  Guru mengawali
  kegiatan belajar secara Islami : Salam pembuka, doa sebelum memulai pelajaran 
·     
  Guru memberikan
  apersepsi sebelum pembelajaran dimulai 
·     
  Guru  menjelaskan tujuan pembelajaran yang akan
  dicapai. 
 | 
  
   
15 menit 
 | 
  
   
Ceramah 
Tanya Jawab 
 | 
 
| 
   
Inti 
 | 
  
   
Pertemuan Ke-1 
·     
  Siswa
  mendegarkan penjelasan guru tentang infaq dan shadaqah 
·     
  Siswa
  dibagikan kertas berwarna hijau yang berisi kata “shadaqah, infaq” 
·     
  Siswa yang
  lain diberikan kertas berwarna orange berisi pernyataan terkait pengertian “shadaqah,
  infaq dan hukumnya 
·     
  Siswa
  diminta mencari pasangannya sesuai dengan kartu yang ia miliki (hijaus vs
  orange) 
·     
  Guru meminta
  perwakilan siswa untuk menunjukkan kartunya dan pasangannya 
·     
  Siswa
  bersama guru mengoreksi hasil masing-masing pasangan 
Pertemuan Ke-2 
·     
  Guru membuat
  dua post (lokasi) berupa kursi  pada
  ruang kelas depan dan belakang 
·     
  Bagian
  belakang adalah post infaq dan bagian depan post shadaqah 
·     
  Siswa
  diminta membaca materi sebelum permainan dimulai 
·     
  Setiap siswa
  diminta maju perorangan untuk melkaukan permainan 
·     
  Guru
  membacakan sebuah pernyataan terkait materi. Setelah mendengar dengan baik
  penyataan yang dibacakan guru, siswa diminta menentukan pilihan. Apakah ia
  akan berlari ke post infaq atau shadaqah. Apabila pernyaataan tersebut adalah
  pernyataan tentang infaq maka siswa harus duduk di kursi post infaq, begitu
  juga sebaliknya. 
·     
  Guru
  memberikan penguatan materi 
 | 
  
   
45 
Menit 
 | 
  
   
Card Match 
Go to Your Post 
 | 
 
| 
   
Penutup 
 | 
  
   
·     
  Siswa diberi kesempatan
  bertanya tentang materi yang belum mereka fahami 
·     
  Guru
  memberikan kesimpulan dari materi yang disampaikan 
·     
  Guru
  menyampaikan rencana pembelajaran pada pertemuan selanjutnya 
·     
  Guru
  mengakhiri pelajaran secara Islami : Do’a setelah belajar, salam penutup 
 | 
  
   
10
  menit 
 | 
  
   
Tanya
  Jawab 
Ceramah 
 | 
 
I.        
Sumber
dan Alat
a.   
Sumber :
Arina Manasikana,
2011. Fikih untuk
Madrasah Ibtidaiyah Kelas IV, Yogyakarta: Insan Madani
b.   
Alat
-      
Kertas indeks
-      
Kursi
J.       
Penilaian
| 
   
Aspek
  yang dinilai 
 | 
  
   
Jenis
  Penilaian 
 | 
  
   
Bentuk
  Instrumen 
 | 
 
| 
   
Kognitif  
 | 
  
   
Tes Tulis 
 | 
  
   
Soal   
 | 
 
| 
   
Afektif 
 | 
  
   
Pengamatan siswa di kelas  
 | 
  
   
Rubrik Sikap 
 | 
 
| 
   
Mengetahui 
Kepala
  MIS Nurul Falah 
Masiati, S.Pd.I 
NIP. 19710612
  2005 012 003 
 | 
  
   
       Patuno, 27 Oktober  2014 
Guru
  Kelas 
Maria
  Ulfah S.Pd.I 
   NIR. 0714017 
 | 
 
No comments:
Post a Comment