RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)
Nama Sekolah                 :
MIS Nurul Falah
Mata Pelajaran                :
Fiqih
Materi Pokok                   : Praktik Salat
Id
Kelas/Semester                :
IV/II
Pertemuan ke                  :
9,
10, 11, 12 dan 13
A.          
Standar
Kompetensi
Mengenal
ketentuan salat Id
B.           
Kompetensi
Dasar
Mempraktekkan
tata cara salat Id
C.          
Indikator
Pencapaian Kompetensi
-         
Melafalkan niat salat
Id
-         
Melafalkan tasbih
diantara takbir salat Id
-         
Mendemonstrasikan
cara salat Id 
D.          
Tujuan
Pembelajaran
-         
Dengan metode
penugasan dan penggunaan strategi reading
aloud  siswa diharapkan dapat
melafalkan niat salat Id dan tasbih diantara takbir salat Id dengan baik dan
benar 
-         
Dengan metode demonstrasi
dan pengunnaan strategi role play siswa
diharapkan dapat mendemonstrasikan tata cara salat Id
E.           
Karakter yang Diharapkan
Mandiri dan
Toleransi
F.           
Materi
Pokok
1.     
Lafal Niat
Salat Id
2.     
Lafal Tasbih
diantara Takbir Salat Id
3.     
Tata Cara  Salat Id
G.          
Metode/Strategi
Pembelajaran
a.     
Metode        : Ceramah, Tanya Jawab , Demonstrasi dan Penugasan
b.     
Strategi        : Role Play,dan Reading Aloud 
H.          
Kegiatan
Pembelajaran
| 
   
Kegiatan
  pembelajaran 
 | 
  
   
Waktu 
 | 
  
   
Model
  Pembelajaran 
 | 
 |
| 
   
Pendahuluan
   
 | 
  
   
·     
  Guru mengawali
  kegiatan belajar secara Islami : Salam pembuka, doa sebelum memulai pelajaran 
·     
  Guru memberikan
  apersepsi sebelum pembelajaran dimulai 
·     
  Guru  menjelaskan tujuan pembelajaran yang akan
  dicapai. 
 | 
  
   
15 menit 
 | 
  
   
Ceramah 
Tanya Jawab 
 | 
 
| 
   
Inti 
 | 
  
   
Pertemuan Ke-1 dan 2 
·     
  Guru
  memberikan siswa materi bacaan niat dan tasbih diantara takbi Salat Id dalam
  bentuk tulisan di papan tulis 
·     
  Guru meminta
  siswa membacakan secara niat dan tasbih diantara takbi Salat Id secara
  bersama-sama 
·     
  Guru meminta
  siswa secara acak mengulang bacaan 
·     
  Siswa diminta
  menghafalkan bacaan niat niat dan tasbih diantara takbi Salat Id 
·     
  Guru meminta
  sukarelawan atau secara acak meminta mereka membacakan hafalannya 
·     
  Guru
  memberikan koreksi dan masukan terhadap bacaan siswa 
Pertemuan Ke-3, 4 dan 5 
·     
  Siswa dibagi
  menjadi 2 kelompok besar  
·     
  Setiap
  kelompok diminta mendemonstrasikan salat Id lengkap dengan bacaannya 
·     
  Kelompok
  yang belum mendapat giliran demosnstrasi diminta untuk menjadi observer
  kelompok yang maju, begitu plua sebaliknya. 
·     
  Tiap
  kelompok saling mengomentari 
 | 
  
   
45 
Menit 
 | 
  
   
Reading
  Aloud 
Demonstrasi 
 | 
 
| 
   
Penutup 
 | 
  
   
·     
  Siswa diberi
  kesempatan bertanya tentang materi yang belum mereka fahami 
·     
  Guru
  memberikan kesimpulan dari materi yang disampaikan 
·     
  Guru
  menyampaikan rencana pembelajaran pada pertemuan selanjutnya 
·     
  Guru
  mengakhiri pelajaran secara Islami : Do’a setelah belajar, salam penutup 
 | 
  
   
10
  menit 
 | 
  
   
Tanya
  Jawab 
Ceramah 
 | 
 
I.        
Sumber
dan Alat
a.   
Sumber :
Arina Manasikana,
2011. Fikih untuk
Madrasah Ibtidaiyah Kelas IV, Yogyakarta: Insan Madani
b.   
Alat
-      
Alat Salat
J.       
Penilaian
| 
   
Aspek
  yang dinilai 
 | 
  
   
Jenis
  Penilaian 
 | 
  
   
Bentuk
  Instrumen 
 | 
 
| 
   
Kognitif  
 | 
  
   
Tes Tulis 
 | 
  
   
Soal   
 | 
 
| 
   
Psikomotor 
 | 
  
   
Performance 
 | 
  
   
Chek list performance 
 | 
 
| 
   
Afektif 
 | 
  
   
Pengamatan siswa di kelas  
 | 
  
   
Rubrik Sikap 
 | 
 
| 
   
Mengetahui 
Kepala
  MIS Nurul Falah 
Masiati, S.Pd.I 
NIP. 19710612
  2005 012 003 
 | 
  
   
       Patuno, 27 April 2015 
Guru
  Kelas 
Maria
  Ulfah S.Pd.I 
   NIR. 0714017 
 | 
 
No comments:
Post a Comment