PERANGKAT PEMBELAJARAN
SILABUS
MATA PELAJARAN FIQIH MADRASAH IBTIDAIYAH
KELAS IV SEMESTER 1
Satuan Pendidikan                : MI 
Kelas/Semester                      : IV / I
Mata Pelajaran                      : Fikih
Standar Kompetensi             : 1. Mengenal Ketentuan Zakat
| 
   
Kompetensi Dasar 
 | 
  
   
Materi Pembelajaran 
 | 
  
   
Kegiatan Pembelajaran 
 | 
  
   
Indikator 
 | 
  
   
Penilaian 
 | 
  
   
Alokasi Waktu 
 | 
  
   
Sumber Belajar 
 | 
  |
| 
   
1 
 | 
  
   
2 
 | 
  
   
3 
 | 
  
   
4 
 | 
  
   
5 
 | 
  
   
6 
 | 
  
   
7 
 | 
  |
| 
   
1.1.  
  Menjelas-kan ketentuan zakat
  maal 
 | 
  
   
Tata cara
  zakat maal 
 | 
  
   
·   Menyanyikan lagu yang berisi materi tentang
  pengertian zakat maal dan hukumnya 
·   Bermain kartu indeks tentang materi harta yang
  wajib dizakati dan jumlahnya dengan metode card match 
·   Secara berkelompok membuat resume terkait jumlah
  zakat yang harus dikeluarkan serta waktu pengeluarannya 
·   Game “Quiz Team” 
 | 
  
   
·        
  Menyebutkan pengertian zakat
  maal 
·        
  Menyebutkan hukum menunaikan
  zakat maal 
·        
  Menyebutkan harta yang wajib
  dizakati 
·        
  Menyebutkan jumlah harta yang
  wajib dizakati (Nisab) 
·        
  Menyebutkan
  jumlah zakat maal yang harus dikeluarkan  
·        
  Menyebutkan
  batas waktu untuk mengeluarkan zakat 
 | 
  
   
Tes tulis 
Tes lisan 
 | 
  
   
6  x 35
  menit 
 | 
  
   
Buku Fikih, Teks Lagu, Kartu Index Soal 
 | 
  |
| 
   
1.2.  
  Menjelas-kan ketentuan zakat
  fitrah 
 | 
  
   
zakat
  fitrah 
 | 
  
   
·   Menyanyikan lagu yang berisi materi tentang
  pengertian zakat maal dan hukumnya 
·     Peer Lesson/ Pengajaran Teman Sebaya tentang hukum menunaikan zakat fitrah dan waktu pengeluarannya 
·     Bermain kartu indeks 8 golongan penerima zakat
  dengan strategi “billiboard rangking” 
 | 
  
   
·  
  Menyebutkan
  pengertian zakat fitrah 
·  
  Menyebutkan
  hukum menunaikan zakat fitrah 
·  
  Mendiskripsikan
  waktu mengeluarkan zakat fitrah 
·  
  Menyebutkan
  jumlah zakat fitrah yang harus dikeluarkan  
·  
  Menyebutkan
  8 golongan  yang berhak menerima zakat
  fitrah dan zakat maal 
 | 
  
   
Tes tulis 
 | 
  
   
6  x 35 menit 
 | 
  
   
Buku Fikih, Teks Lagu, Resume Materi 
 | 
  |
| 
   
1.3.   Memprak-tekkan  tata cara
  zakat maal dan zakat fitrah 
 | 
  
   
Praktek menunaikan zakat fitrah 
Hikmah zakat
  fitrah 
 | 
  
   
·     Bermain peran dalam sebuah drama pendek tentang
  tata cara mengelarkan zakat fitrah 
·     Setiap siswa diberi tugas menghafal niat
  menunaikan zakat fitrah dengan strategi “reading aloud” 
·     Siswa melakukan drama pendek dan membuat
  refleksi drama hingga menghasilkan kesimpulan tentang hikmah 
 | 
  
   
·  
  Mensimulasikan
  tatacara mengeluarkan zakat maal 
·  
  Mendemonstrasikan
  cara mengeluarkan zakat fitrah 
·  
  Melafalkan
  niat menunaikan zakat maal 
·  
  Melafalkan
  niat menunaikan zakat fitrah 
·  
  Menyebutkan
  hikmah zakat fitrah 
·  
  Menyebutkan
  hikmah zakat maal 
 | 
  
   
Performance Tes
  Lisan 
 | 
  
   
6  x 35
  menit 
 | 
  
   
Buku Fikih dan Narasi Role Play 
 | 
 |
Standar
Kompetensi : 2.  Mengenal Ketentuan Infaq Dan Shodaqah
| 
   
Kompetensi Dasar 
 | 
  
   
Materi Pembelajaran 
 | 
  
   
Kegiatan Pembelajaran 
 | 
  
   
Indikator 
 | 
  
   
Penilaian 
 | 
  
   
Alokasi Waktu 
 | 
  
   
Sumber Belajar 
 | 
 
| 
   
1 
 | 
  
   
2 
 | 
  
   
3 
 | 
  
   
4 
 | 
  
   
5 
 | 
  
   
6 
 | 
  
   
7 
 | 
 
| 
   
2.1.  
  Menjelas-kan
  ketentuan infaq dan shadaqah 
 | 
  
   
Infaq dan
  shodaqoh 
 | 
  
   
·   Mencari pengertian dan ketentuan infaq
  dari berbagai sumber / media 
·  
  Mencari pengertian dan
  ketentuan shodaqah dari berbagai sumber / media 
·  
  Berdiskusi tentang perbedaan
  antara infaq dan shodaqah  
 | 
  
   
·        
  Menyebutkan
  pengertian infaq 
·        
  Menyebutkan
  hukum infaq 
·        
  Menyebutkan
  pengertian shodaqah 
·        
  Menyebutkan
  hukum shodaqoh 
·        
  Membedakan
  antara infaq dan shodaqah  
 | 
  
   
Tes tulis 
 | 
  
   
4 x 35 menit 
 | 
  
   
Buku Fikih, Kartu Index card match, Narasi materi 
 | 
 
| 
   
2.2.  
  Memprak-tekkan
  tata cara infaq dan shadaqah 
 | 
  
   
Praktik infaq dan shodaqah 
 | 
  
   
·   Pratek berinfaq sesuai dengan kemampuan,
  misalnya pada hari jum’at 
·   Praktek bershodaqah sesuai keadaan dan
  kemampuan misalnya dengan senyum, menyingkirkan sesuatu yang menghalangi 
·   Refleksi kemudian menyampaikan hasil refleksi
  dalam bentuk diskusi tentang hikmah infaq dan shodaqah 
 | 
  
   
·   Mendemostrasikan cara berinfaq 
·   Mendemonstrasikan cara bershodaqoh  
·   Menyebutkan hikmah berinfaq dan
  bershodaqah 
 | 
  
   
Angket Chek List 
Self Assessment 
 | 
  
   
6 x 35 menit 
 | 
  
   
Buku Fikih, Narasi materi 
 | 
 
      Patuno, 15 Januari 2015
                     Mengetahui                                                                                                                                      
                     Kepala Madrasah                                                                                                                             Guru
Mata Pelajaran
Masiati, S.Pd.I                                                                                                                                 Maria
Ulfah, S.Pd.I
                     NIP.
19710612 2005 012 003                                                                                                         NIP.
. 
.
No comments:
Post a Comment