RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)
Nama Sekolah                 :
MIS Nurul Falah
Mata Pelajaran                :
Fiqih
Materi Pokok                   : Zakat Fitrah
Kelas/Semester                :
IV/I
Pertemuan ke                  :
4,
5 dan 6
A.          
Standar
Kompetensi
Mengenal
ketentuan zakat
B.           
Kompetensi
Dasar
Menjelaskan
ketentuan zakat fitrah
C.          
Indikator
Pencapaian Kompetensi
-         
Menyebutkan
pengertian zakat fitrah
-         
Menyebutkan hukum
menunaikan zakat fitrah
-         
Mendeskripsikan
waktu mengeluarkan zakat fitrah
-         
Menyebutkan jumlah
zakat fitrah yang wajib dizakati
-         
Menyebutkan 8
golongan yang berhak menerima zakat fitrah dan mal
D.          
Tujuan
Pembelajaran
-         
Dengan metode cermah
dan tanya jawab serta penggunaan starategi parodi lagu siswa diharapkan dapat
menyebutkan pengertian zakat fitrah dan hukum menunaikan zakat mal dengan baik
dan benar
-         
Dengan metode penugasan
dan penggunaan strategi peer lesson siswa
diharapkan dapat mendeskripsikan waktu mengeluarkan serta banyaknya jumlah
zakat fitrah yang harus dikeluarkan dengan baik dan benar
-         
Dengan metode permainan
dan pengugunaanstrategi billiboard
ranking siswa diharapkan dapat menyebutkan 8 golongan yang berhak menerima
zakat fitrah dan mal dengan baik dan benar
E.           
Karakter yang Diharapkan
Religius dan
Berani
F.           
Materi
Pokok
1.     
Pengetian
Zakat Fitrah
2.     
Hukum Zakat
Fitrah
3.     
Golongan yang
berhak menerima Zakat Fitrah dan Mal
G.          
Metode/Strategi
Pembelajaran
a.     
Metode        : Ceramah, Tanya Jawab , Penugasan dan Permainan
b.     
Strategi        : Parodi lagu, Peer Lesson dan Billiboard
Ranking
H.          
Kegiatan
Pembelajaran
| 
   
Kegiatan
  pembelajaran 
 | 
  
   
Waktu 
 | 
  
   
Model
  Pembelajaran 
 | 
 |
| 
   
Pendahuluan
   
 | 
  
   
·     
  Guru mengawali
  kegiatan belajar secara Islami : Salam pembuka, doa sebelum memulai pelajaran 
·     
  Guru memberikan
  apersepsi sebelum pembelajaran dimulai 
·     
  Guru  menjelaskan tujuan pembelajaran yang akan
  dicapai. 
 | 
  
   
15 menit 
 | 
  
   
Ceramah 
Tanya Jawab 
 | 
 
| 
   
Inti 
 | 
  
   
Pertemuan ke-1 
·     
  Siswa diberikan kertas yang berisi
  parodi lagu tentang zakat fitrah 
·     
  Guru memberi contoh parodi lagu
  yang akan dinyanyikan 
·     
  Guru meminta
  siswa bersama-sama menyanyikan lagu zakat fitrah 
·     
  Guru meminta
  perwakilan siswa atau menunjuk secara acak pada siswa untuk menyanyikan lagu
  zakat fitrah di depan kelas 
·     
  Guru
  memberikan koreksi jika terdapat kesalahan 
·     
  Guru
  memberikan penguatan materi 
Pertemuan Ke-2 
·     
  Siswa mendapatkan
  ringkasan materi yang sudah disiapkan guru  
·     
  Setiap siswa
  diminta membaca dengan baik materi yang sudah diberikan 
·     
  Guru meminta
  perwakilan siswa atau menunjuk secara acak pada siswa untuk menjadi duta
  “guru” guna menjelaskan kembali materi yang dibagikan dalam kelas-kelas kecil
  (kelompok) 
Pertemuan Ke-3 
·     
  Siswa dibagi
  menjadi 2 kelompok besar 
·     
  Setiap
  kelompok diminta membaca dengan seksama dan mendiskusikan materi yang telah
  dibagikan 
·     
  Setiap
  kelompok mendapatkan 8 potongan kertas yang berisi 8 golongan penerima zakat 
·     
  Setiap
  kelompok diminta untuk beradu cepat mengurutkan potongan kertas 1 s/d
  potongan kertas ke 8 pada papan yang sudah disediakan. Kelompok tercepat akan
  menjadi pemenangnya 
 | 
  
   
45 
Menit 
 | 
  
   
Parodi  Lagu 
Peer Lesson 
Billiboard Ranking 
 | 
 
| 
   
Penutup 
 | 
  
   
·     
  Siswa diberi kesempatan bertanya tentang
  materi yang belum mereka fahami 
·     
  Guru
  memberikan kesimpulan dari materi yang disampaikan 
·     
  Guru
  menyampaikan rencana pembelajaran pada pertemuan selanjutnya 
·     
  Guru
  mengakhiri pelajaran secara Islami : Do’a setelah belajar, salam penutup 
 | 
  
   
10
  menit 
 | 
  
   
Tanya
  Jawab 
Ceramah 
 | 
 
I.        
Sumber
dan Alat
a.   
Sumber :
Arina Manasikana,
2011. Fikih untuk
Madrasah Ibtidaiyah Kelas IV, Yogyakarta: Insan Madani
b.   
Alat
-      
Kertas indeks
-      
Double tape
J.       
Penilaian
| 
   
Aspek
  yang dinilai 
 | 
  
   
Jenis
  Penilaian 
 | 
  
   
Bentuk
  Instrumen 
 | 
 
| 
   
Kognitif  
 | 
  
   
Tes Tulis 
 | 
  
   
Soal   
 | 
 
| 
   
Afektif 
 | 
  
   
Pengamatan siswa di kelas  
 | 
  
   
Rubrik Sikap 
 | 
 
| 
   
Mengetahui 
Kepala
  MIS Nurul Falah 
Masiati, S.Pd.I 
NIP. 19710612
  2005 012 003 
 | 
  
   
       Patuno, 20 September 2014 
Guru
  Kelas 
Maria
  Ulfah S.Pd.I 
   NIR. 0714017 
 | 
 
No comments:
Post a Comment