RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)
Nama Sekolah                 :
MIS Nurul Falah
Mata Pelajaran                :
Fiqih
Materi Pokok                   : Macam-Macam
Salat Id
Kelas/Semester                :
IV/II
Pertemuan ke                  :
1,
2 dan 3
A.          
Standar
Kompetensi
Mengenal
ketentuan salat Id
B.           
Kompetensi
Dasar
Menjelaskan macam-macam
salat Id 
C.          
Indikator
Pencapaian Kompetensi
-         
Menyebutkan macam-macam
salat Id
-         
Menyebutkan hukum salat
Id 
D.          
Tujuan
Pembelajaran
-         
Dengan metode
kunjungan lapangan dan wawancara narasumber siswa diharapkan dapat menyebutkan
macam-macam salat Id dengan baik dan benar
-         
Dengan metode tanya
jawab dan strategi information search
siswa diharapkan dapat menyebutkan hukum salat Id dengan tepat
E.           
Karakter yang Diharapkan
Mandiri dan
Toleransi
F.           
Materi
Pokok
1.     
Macam-Macam
Salat Id
2.     
Hukum Salat Id
G.          
Metode/Strategi
Pembelajaran
a.     
Metode        : Ceramah, Tanya Jawab , dan Kunjungan Lapangan
b.     
Strategi        : Information Search
H.          
Kegiatan
Pembelajaran
| 
   
Kegiatan
  pembelajaran 
 | 
  
   
Waktu 
 | 
  
   
Model
  Pembelajaran 
 | 
 |
| 
   
Pendahuluan
   
 | 
  
   
·     
  Guru mengawali
  kegiatan belajar secara Islami : Salam pembuka, doa sebelum memulai pelajaran 
·     
  Guru memberikan
  apersepsi sebelum pembelajaran dimulai 
·     
  Guru  menjelaskan tujuan pembelajaran yang akan
  dicapai. 
 | 
  
   
15 menit 
 | 
  
   
Ceramah 
Tanya Jawab 
 | 
 
| 
   
Inti 
 | 
  
   
Pertemuan ke-1 
·     
  Guru
  menjelaskan kepada siswa bahwa mereka akan melakukan kunjungan lapangan 
·     
  Setiap siswa
  mendapat lembar wawancara yang diberikan guru 
·     
  Siswa
  diminta mewawancarai guru ngaji/ustadz ataupun tokoh masyarakat yang mereka
  temui untuk menjadi narasumber mengenai mataeri pelajaran 
·     
  Siswa
  diminta menuliskan hasil wawancara di lapangan pada lembar yang telah
  dibagikan 
Pertemuan Ke-2 
·     
  Siswa mengumpulkan
  hasil wawancara pada pertemuan sebelumnya 
·     
  Guru meminta
  perwakilan siswa untuk mempresentasikan hasil kunjungannya di depan kelas 
·     
  Siswa yang
  tidak maju diberi tugas untuk mengomentari presentasi temannya dengan
  membandingkan hasil kunjungan lapangan yang ia miliki 
Pertemuan Ke-3 
·     
  Guru
  mengajak siswa mengunjungi perpustakaan 
·     
  Siswa
  diminta menemukan hukum melaksanakan salat Id pada berbagai sumber yang
  tersedia di perpustakaan 
·     
  Siswa
  diminta berlomba cepat dalam menemukan hukum yang diminta 
·     
  Siswa
  tercepat dan jawabannya benar adalah pemenang kompetisi 
·     
  Guru
  mengumpulkaan siswa kembali ke kelas dan memberikan penguatan materi 
 | 
  
   
45 
Menit 
 | 
  
   
Kunjungan Lapangan 
Presentasi 
Information Search 
 | 
 
| 
   
Penutup 
 | 
  
   
·     
  Siswa diberi
  kesempatan bertanya tentang materi yang belum mereka fahami 
·     
  Guru
  memberikan kesimpulan dari materi yang disampaikan 
·     
  Guru
  menyampaikan rencana pembelajaran pada pertemuan selanjutnya 
·     
  Guru
  mengakhiri pelajaran secara Islami : Do’a setelah belajar, salam penutup 
 | 
  
   
10
  menit 
 | 
  
   
Tanya
  Jawab 
Ceramah 
 | 
 
I.        
Sumber
dan Alat
a.   
Sumber :
·        
Arina Manasikana,
2011. Fikih untuk
Madrasah IbtIdaiyah Kelas IV, Yogyakarta: Insan Madani
·        
Narasumber di
Lapangan
b.   
Alat
-      
Panduan Wawancara
J.       
Penilaian
| 
   
Aspek
  yang dinilai 
 | 
  
   
Jenis
  Penilaian 
 | 
  
   
Bentuk
  Instrumen 
 | 
 
| 
   
Kognitif  
 | 
  
   
Tes Tulis 
 | 
  
   
Soal   
 | 
 
| 
   
Afektif 
 | 
  
   
Pengamatan siswa di kelas  
 | 
  
   
Rubrik Sikap 
 | 
 
| 
   
Mengetahui 
Kepala
  MIS Nurul Falah 
Masiati, S.Pd.I 
NIP. 19710612
  2005 012 003 
 | 
  
   
       Patuno, 02 Januari 2014 
Guru
  Kelas 
Maria
  Ulfah S.Pd.I 
   NIR. 0714017 
 | 
 
No comments:
Post a Comment