RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)
Nama Sekolah                 :
MIS Nurul Falah
Mata Pelajaran                :
Fiqih
Materi Pokok                   : Tata Cara
Salat Id
Kelas/Semester                :
IV/II
Pertemuan ke                  :
4,
5, 6, 7 dan 8
A.          
Standar
Kompetensi
Mengenal
ketentuan salat Id
B.           
Kompetensi
Dasar
Menjelas-kan
tatacara Salat Id 
C.          
Indikator
Pencapaian Kompetensi
-         
Menyebutkan
pengertian salat Id
-         
Menyebutkan
waktu pelaksanaan salat Id
-         
Menjelaskan tata
cara salat Id
-         
Menyebutkan sunnah
sebelum melaksanakan salat Id
D.          
Tujuan
Pembelajaran
-         
Dengan metode tanya
jawab dan strategi parodi lagu siswa diharapkan dapat menyebutkan pengertian
salat Id dengan baik dan benar
-         
Dengan metode diskusi
dan strategi jigsaw learning siswa
diharapkan dapat menyebutkan waktu pelaksanaan salat Id
-         
Dengan metode
penugasan dan strategi movie learning siswa
diharapkan dapat menjelaskan tata cara melaksanakan salat Id dengan baik dan
benar
-         
Dengan metode
permainan dan strategi puzzle Siswa
diharapkan dapat menyebutkan sunnah sebelum melaksanakan salat Id
E.           
Karakter yang Diharapkan
Mandiri dan
Toleransi
F.           
Materi
Pokok
1.     
Pengertian
Salat Id
2.     
Waktu
Pelaksanaan Salat Id
3.     
Tata Cara
Salat Id
4.     
Sunnah sebelum
Salat Id
G.          
Metode/Strategi
Pembelajaran
a.     
Metode        : Ceramah, Tanya Jawab, Permainan, Diskusi dan Penugasan
b.     
Strategi        : Jigswa Learning,Movie Learning dan Puzzle
H.          
Kegiatan
Pembelajaran
| 
   
Kegiatan
  pembelajaran 
 | 
  
   
Waktu 
 | 
  
   
Model
  Pembelajaran 
 | 
 |
| 
   
Pendahuluan
   
 | 
  
   
·     
  Guru mengawali
  kegiatan belajar secara Islami : Salam pembuka, doa sebelum memulai pelajaran 
·     
  Guru memberikan
  apersepsi sebelum pembelajaran dimulai 
·     
  Guru  menjelaskan tujuan pembelajaran yang akan
  dicapai. 
 | 
  
   
15 menit 
 | 
  
   
Ceramah 
Tanya Jawab 
 | 
 
| 
   
Inti 
 | 
  
   
Pertemuan ke-1 
·     
  Siswa diberikan kertas yang berisi
  parodi lagu tentang salat Id 
·     
  Guru memberi contoh parodi lagu
  yang akan dinyanyikan 
·     
  Guru meminta
  siswa bersama-sama menyanyikan lagu salat Id 
·     
  Guru meminta
  perwakilan siswa atau menunjuk secara acak pada siswa untuk menyanyikan lagu
  salat Id di depan kelas 
·     
  Guru
  memberikan koreksi jika terdapat kesalahan 
·     
  Guru
  memberikan penguatan materi 
Pertemuan Ke-2 
·     
  Siswa di
  bagi menjadi 6 kelompok 
·     
  Tiap kelompok
  diminta untuk berdiskusi tentang waktu pelaksanaan salat Id 
·     
  Setiap
  kelompok diminta untuk menunjuk 1 orang sebagai juru bicara dalam kelompoknya 
Juru bicara dalam kelompok menjelaskan refleksi yang mereka buat pada
  kelompok yang lian, begitu juga kelompok yang satunya 
Pertemuan Ke-3 
·     
  Dipandu oleh
  guru siswa menonton video pembelajaran tentang tata cara salat Id 
·     
  Siswa
  diminta menuliskan apa yang ia ketahui tentang tata cara salat Id setelah
  menonton video 
·     
  Perwakilan siswa
  diminta untuk menyampaikan hasil observasi videonya di depan kelas 
·     
  Guru meminta
  siswa yang lain untuk saling melengkapi dan mengomentari dengan cara
  membandingkan temuannya masing-masing 
·     
  Guru
  memberikan penguatan materi 
Pertemuan Ke-4 
·     
  Guru membagi
  siswa menjadi 4 kelompok 
·     
  Tiap
  kelompok mendapatkan potongan puzzle yang berisi tentang sunnah sebelum salat
  Id 
·     
  Tiap
  kelompok diminta beradu cepat menyusun puzzle 
·     
  Setelah
  puzzle selesai tersusun, masing-masing kelompok diminta untuk memberikan
  penjelasan menganai puzzle yang telah mereka susun. 
·     
  Guru dan
  siswa mengomentari penjelasan masing-masing kelompok 
Pertemuan Ke-5 
·  
  Ulangan
  Harian (Evaluasi) 
 | 
  
   
45 
Menit 
 | 
  
   
Parodi Lagu 
Jigsaw Learning 
Movie
  Learning 
Puzzle 
 | 
 
| 
   
Penutup 
 | 
  
   
·     
  Siswa diberi
  kesempatan bertanya tentang materi yang belum mereka fahami 
·     
  Guru
  memberikan kesimpulan dari materi yang disampaikan 
·     
  Guru
  menyampaikan rencana pembelajaran pada pertemuan selanjutnya 
·     
  Guru
  mengakhiri pelajaran secara Islami : Do’a setelah belajar, salam penutup 
 | 
  
   
10
  menit 
 | 
  
   
Tanya
  Jawab 
Ceramah 
 | 
 
I.        
Sumber
dan Alat
a.   
Sumber :
·        
Arina Manasikana,
2011. Fikih untuk
Madrasah IbtIdaiyah Kelas IV, Yogyakarta: Insan Madani
b.   
Alat
-      
Puzzle
-      
Lyric Lagu
J.       
Penilaian
| 
   
Aspek
  yang dinilai 
 | 
  
   
Jenis
  Penilaian 
 | 
  
   
Bentuk
  Instrumen 
 | 
 
| 
   
Kognitif  
 | 
  
   
Tes Tulis 
 | 
  
   
Soal   
 | 
 
| 
   
Afektif 
 | 
  
   
Pengamatan siswa di kelas  
 | 
  
   
Rubrik Sikap 
 | 
 
| 
   
Mengetahui 
Kepala
  MIS Nurul Falah 
Masiati, S.Pd.I 
NIP. 19710612 2005 012 003 
 | 
  
   
       Patuno, 02 Februari 2014 
Guru
  Kelas 
Maria
  Ulfah S.Pd.I 
   NIR. 0714017 
 | 
 
No comments:
Post a Comment