RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)
Nama Sekolah                 :
MIS Nurul Falah
Mata Pelajaran                :
Fiqih
Materi Pokok                   : Praktik Infaq
dan Shadaqah
Kelas/Semester                :
IV/I
Pertemuan ke                  :
12,
13 dan 14
A.          
Standar
Kompetensi
Mengenal
ketentuan infaq dan shadaqah
B.           
Kompetensi
Dasar
Mempraktikkan
tata cara infaq dan shadaqah
C.          
Indikator
Pencapaian Kompetensi
-         
Mendemonstrasikan
cara berinfaq
-         
Mendemonstrasikan
cara bershadaqah
-         
Menyebutkan hikmah
berinfaq dan shadaqah
D.          
Tujuan
Pembelajaran
-         
Dengan metode diskusi
dan pengunnaan strategi role play siswa
diharapkan dapat mendemonstrasikan tata cara infaq dan shadaqah
-         
Dengan metode
diskusi dan refleksi dan strategi seeing
jow it is? Siswa diharapkan dapat menyebutkan hikmah berinfaq dan shadaqah
E.           
Karakter yang Diharapkan
Religius dan
Berani
F.           
Materi
Pokok
1.     
Tata cara infaq dan
shadaqah
2.     
Hikmah mengeluarkan
infaq dan shadaqah                                             
G.          
Metode/Strategi
Pembelajaran
a.     
Metode        : Ceramah, Tanya Jawab , Diskusi 
b.     
Strategi        : Role Play dan
Seeing How it is?
H.          
Kegiatan
Pembelajaran
| 
   
Kegiatan
  pembelajaran 
 | 
  
   
Waktu 
 | 
  
   
Model
  Pembelajaran 
 | 
 |
| 
   
Pendahuluan
   
 | 
  
   
·     
  Guru mengawali
  kegiatan belajar secara Islami : Salam pembuka, doa sebelum memulai pelajaran 
·     
  Guru memberikan
  apersepsi sebelum pembelajaran dimulai 
·     
  Guru  menjelaskan tujuan pembelajaran yang akan
  dicapai. 
 | 
  
   
15 menit 
 | 
  
   
Ceramah 
Tanya Jawab 
 | 
 
| 
   
Inti 
 | 
  
   
Pertemuan Ke-1 
·     
  Siswa dibagi
  menjadi 2 kelompok besar 
·     
  Setiap
  kelompok mendapatkan satu  narasi drama
  pendek. Berdasarkan narasi siswa diminta menentukan perannya masing-masing
  dalam kelompok 
·     
  Setiap
  kelompok diminta untuk mensimulasikan drama pendek tentang tata cara berinfaq
  dan shadaqah 
·     
  Setiap
  kelompok memberikan komentar terhadap kelompok yang lain 
·     
  Kelompok
  terbaik mendapatkan reward 
Pertemuan Ke-2 
·     
  Siswa dibagi
  menjadi 2 kelompok besar berdasarkan kelompok drama pada pertemuan sebelumnya 
·     
  Setiap
  kelompok diminta mengungkapkan perasaan pemain saat drama pendek berlangsung 
·     
  Refleksi
  dibuat dalam bentuk tulisan 
·     
  Setiap
  kelompok diminta untuk menunjuk 1 orang sebagai juru bicara dalam kelompoknya 
·     
  Juru bicara
  dalam kelompok menjelaskan refleksi yang mereka buat pada kelompok yang lian,
  begitu juga kelompok yang satunya                                                                               
   
 | 
  
   
45 
Menit 
 | 
  
   
Role Play 
Seeing How it is? 
 | 
 
| 
   
Penutup 
 | 
  
   
·     
  Siswa diberi
  kesempatan bertanya tentang materi yang belum mereka fahami 
·     
  Guru
  memberikan kesimpulan dari materi yang disampaikan 
·     
  Guru
  menyampaikan rencana pembelajaran pada pertemuan selanjutnya 
·     
  Guru
  mengakhiri pelajaran secara Islami : Do’a setelah belajar, salam penutup 
 | 
  
   
10
  menit 
 | 
  
   
Tanya
  Jawab 
Ceramah 
 | 
 
I.        
Sumber
dan Alat
a.   
Sumber :
Arina Manasikana,
2011. Fikih untuk
Madrasah Ibtidaiyah Kelas IV, Yogyakarta: Insan Madani
b.   
Alat
-      
Kertas indeks
-      
Narasi Drama
J.       
Penilaian
| 
   
Aspek
  yang dinilai 
 | 
  
   
Jenis
  Penilaian 
 | 
  
   
Bentuk
  Instrumen 
 | 
 
| 
   
Kognitif  
 | 
  
   
Tes Tulis 
 | 
  
   
Soal   
 | 
 
| 
   
Psikomotor 
 | 
  
   
Performance 
 | 
  
   
Chek List 
 | 
 
| 
   
Afektif 
 | 
  
   
Pengamatan siswa di kelas  
 | 
  
   
Rubrik Sikap 
 | 
 
| 
   
Mengetahui 
Kepala
  MIS Nurul Falah 
Masiati, S.Pd.I 
NIP. 19710612
  2005 012 003 
 | 
  
   
       Patuno, 27 November 2014 
Guru
  Kelas 
Maria
  Ulfah S.Pd.I 
   NIR. 0714017 
 | 
 
No comments:
Post a Comment