Saturday 8 November 2014

Tips agar Anak Rajin Berangkat Ke Sekolah

Inilah wajah-wajah ceria anak-anak kelas VI bimbingan saya.
Hari itu ke 11 orang itu menunggu saya dengan penuh harap. Pasalnya sudah 2 hari saya menangguhkan janji untuk memberikan hadiah kepada siswa yang masuk sekolah tanpa izin sakit alpha selama satu bulan penuh.
Ya, mereka ini adalah anak-anak hebat saya yang masuk kelas full di bulan oktober.
 
Terkesan berlebihan memang memberikan mereka hadiah hanya untuk kehadiran full di sekolah. Tapi ini menjadi kegelisahan tersendiri bagi saya ketika pertama kali ada di sekolah ini (MI Nurul Iman). Dari 26 siswa, selalu saja minimal ada anak yang tidak hadir setiap harinya.  Sejak itu saya mengumumkan kepada siswa saya, bahwa siapa saja yang bisa hadir satu bulan penuh maka ia akan mendapat hadiah....
Alhamdulillah, reward semacam itu cukup ampuh untuk menjadikan anak-anak rajin datang ke sekolah. Meskipun peningkatannya tidak terlalu signifikan, tapi mendapati kelas dengan siswa yang full kehadirannya benar-benar sebuah kebahagiaan.
Bukankah iuran terbesar dari sebuah pendidikan itu adalah kehadiran. Sungguh menjadi kebahagian tersendiri bila mendapti mereka ceria dan penuh semangat untuk datang ke sekolah...
Anak-anak ini, dengan segala cinta saya berharap dikemudian hari mereka menjadi anak-anak hebat perajut masa depan bangsa

No comments:

Post a Comment