Monday 10 November 2014

Hari Pahlawan : SGI 7 Untuk mu Negeri

Inilah suasana upacara hari pahlawan 10 Novermber 2014 di MI Nurul Iman sekolah magang anak SGI7.
Pagi itu, meski lapangan sekolah masih becek, tapi dengan semangatnya anak-anak ini berlari menuju lapangan tepat jam 07.15 bahkan ketika bel pun belum lagi dibunyikan.

Melihat anak-anak begitu antusias berlari ke lapangan adalah sebuah kebanggaan. Semangat nasionalisme yang perlu ditanamkan pada anak usia dini salah satunya adalah lewat upacara bendera.

Hari ini kita semua memperingati hari pahlawan. Sebuah hari yang mengingatkan kita pada jasa para pahlawan yang siap hidup dan mati meninggalkan zona nyamannya untuk kepentingan bangsa tercinta. Hari ini kita hanya tinggal menikmati jerih payah mereka. Tentu saja kita tak perlu lagi mengangkat senjata, karena penjajahan itu memang sudah musnah. Tantangan terbesar kita hari ini adalah bagaimana kita bisa melanjutkan perjuangan para pahlawan kita sebagai wujud rasa syukur kita atas segala yang telah diraih pahlawan-pahlawan kita di masa lalu.

Di hari pahlawan ini, kami melangkahkan kaki melewati sungai dan jalan-jalan terjal mendaki. Satu langkah kecil diayunkan untuk ikut melunasi sebuah janji kemerdekaan yakni  mencerdaskan kehidupan bangsa. Sehari-hari kami menyambut kehadiran anak-anak SD  di kelas itu dengan rasa cinta, membelai rambut mereka dengan kasih, menatap wajah polos mereka dengan pancaran senyum terbaik.

Dengan segala kemampuan yang kami miliki kami mencoba untuk menebarkan kesabaran, menuumbuhkan pengetahuan, dan menanamkan ketangguhan berjuang di dada mereka.
Tidak banyak memang yang kami lakukan sebagai seorang anak muda yang memiliki idealisme mengenai pendidikan di negeri tercinta ini, tapi kiranya langkah kecil ini adalah bukti bahwa kami anak muda Indonesia masih terus berusaha melakukan aksi nyata untuk kepetingan negeri.

Layaknya lagu nasional yang terus kita nyanyikan ketika SD....
Padamu negeri kami berjanji…
Padamu negeri kami berbakti…
Padamu negeri kami mengabdi…
Bagimu negeri jiwa raga kami…

Semoga keihklasan selalu menjadi bagian dari ikhtiar ini.

No comments:

Post a Comment