RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)
Nama Sekolah : MIN 1
Yogyakarta
Mata Pelajaran : Akidah
Akhlak
Materi Pokok : Kalimat
Tayibah (Tasbih)
Kelas/Semester : II/II
(dua)
Pertemuan ke : 1 (Satu)
Alokasi Waktu : 1 X 30 menit
I. Standar Kompetensi
Memahami
Kalimat Tayibah (tasbih)
II. Kompetensi Dasar
Mengenal Allah melalui kalimat tayibah (tasbih)
III.
Indikator
Pencapaian Kompetensi
1. Siswa
dapat menjelaskan pengertian kalimat tayibah (tasbih)
2. Siswa
dapat menyebutkan perihal waktu mengucap kalimat tayibah (tasbih)
3. Siswa
dapat menjelaskan hikmah mengucapkan kalimat tayibah (tasbih)
IV.
Tujuan
pembelajaran
1. Setelah
mempelajari pengertian kalimat tayibah dengan metode ceramah dan tanya jawab
serta didukung media power point, siswa dapat menjelaskan pengertian kalimat
tayibah
2. Setelah
mempelajari perihal waktu mengucap kalimat tayibah dengan metode ceramah dan
tanya jawab serta didukung oleh media power point, siswa dapat menyebutkan perihal
waktu mengucapkan kalimat tayibah
V.
Setelah
mempelajari perilaku orang yag meyakini kebenaran Al-Qur’an dengan metode
diskusi dan strategi The Power Of Two,
siswa dapat menjelaskan hikmah mengucap kalimat tayibah.
VI.
Materi
Pokok
1. Pengertian
Kalimat Tayibah
2. Perihal
Waktu Mengucap Kalimat Tayibah
3. Hikmah
Mengucap Kalimat Tayibah
VII.
Metode/Strategi
Pembelajaran
a. Metode
: Ceramah, Tanya Jawab dan Diskusi
b. Strategi
: The Power Of Two dan Quiz team
VIII.
Kegiatan
Pembelajaran
|
Kegiatan
pembelajaran
|
Waktu
|
Model
Pembelajaran
|
Pendahuluan
|
a. Guru mengawali kegiatan belajar secara Islami :
Salam pembuka, doa sebelum memulai pelajaran.
b. Guru mengajukan pertanyaan-pertanyaan yang
mengaitkan pengetahuan sebelumnya dengan materi yang akan dipelajari.
c. Guru
menjelaskan tujuan pembelajaran yang akan dicapai.
|
5
menit
|
Ceramah
|
Inti
|
a.
Guru menyampaikan materi pembelajaran tentang
pengertian kalimat tayibah
b.
Guru menyampaikan materi pembelajaran tentang
perihal
waktu menucap kalimat tayibah
c.
Siswa dibagi
menjadi beberapa kelompok, masing-masing kelompok terdiri dari dua orang
d.
Siswa diberi
instruksi untuk berdiskusi mengenai hikmah mengucap kalimat tasbih
e. Masing-masing kelompok diminta perwakilannya untuk
menyampaikan hasil diskusinya
f.
Guru
bersama-sama siswa memberi komentar mengenai penampilan tiap kelompok
g.
Guru memberi reward kepada kelompok yang penampilanya
paling bagus
|
15
menit
|
Ceramah
Diskusi
The
Power Of Two
|
Penutup
|
a. Guru memberikan kesimpulan dari materi yang
disampaikan
b. Guru memberikan Quiz kepada tiga kelompok terkait “perihal waktu dan hikmah
mengucap kalimat tasbih”
c. Guru memberikan reward kepada kelompok terbaik.
d. Guru menyampaikan rencana pembelajaran pada
pertemuan selanjutnya.
e. Guru mengakhiri pelajaran secara Islami :
Do’a setelah belajar, salam penutup
|
10
menit
|
Quize
Team
|
VIII. Penilaian
Aspek yang dinilai
|
Jenis Penilaian
|
Bentuk Instrumen
|
Contoh Instrumen
|
Kognitif
|
Tes
Lisan
|
Kuis
|
(Terlampir)
|
Afektif
|
Pengamatan
siswa di kelas
|
Menyatakan
pendapat, keberanian bertanya dan antusiasme dalam mengikui pelajaran
|
-
|
Psikomotorik
|
Perbuatan
|
Keaktifan
siswa selama mengikuti pelajaran
|
-
|
IX.
Sumber
dan Alat
a.
Sumber
-
Al-Qur’an dan
Terjemahnya
-
Membina Akidah
dan Akhlak MI Kelas II terbitan PT Tiga Serangkai Pustaka Mandiri, Solo
b.
Alat
Kertas Plano dan Laptop
Mengetahui
Kepala MIN 1 Yogyakarta
Nur Hidayah M,Ag
NIP. 19976007 200103 2 007
|
Sleman,
20 April
2012
Guru Mata Pelajaran
Maria Ulfah S.Pd.i
NIP. 10410027
|
No comments:
Post a Comment