Friday 31 October 2014

Pembelaran IPA menggunakan Quantum Teaching

Hari ini, 31 Oktober Kami (Saya Maria Ulfah, Dena Fadilah, Ahmad Rizal Khadapi ) tim guru SGI yang magang di MI Nurul Iman mengadakan training kecil-kecilan dengan tema Quantum Teaching. Alhamdulillah sgela sesuatunya berjalan lancar sesuai dengan rencana, ceria dan penuh semangat.

Sungguh merupakan pengalaman yang luar biasa ketika saya dipercaya oleh rekan-rekan SGI_DD untuk menyampaikan materi Quantum Teaching hari ini. Dengan segala persiapan yang ala kadarnya akhirnya acara training Quantum Teaching akhirnya berjalan dengan sederhana tapi penuh semangat dan ceria.

Quantum Teaching adalah sebuah pengajaran di mana siswa belajar dengan cara yang menyenangkan, siswa tidak lagi diminta menghafal materi sebanyak-banyaknya, tapi bagaimana siswa siswi itu lah yang menemukan sendiri konsep konsep dalam materi ajar. Quantum Teaching memiliki asas " bawa dunia mereka ke dunia kta, hantarkan dunia mereka ke dunia kita."

Quantum teaching memiliki langkah-langkah tekhnis yang mendetail yang sering disebut dengan TANDUR.
Berikut beberapa kegiatan langkah yang telah disusun oleh penulis mengenai tahapan-tahpan tekhnis pada Quantum Teaching . Pada kesempatan ini penulis menggunakan materi konduktor isolator sebagai bahan ajarnya

Langkah-Langkah TANDUR
1. Tumbuhkan
Guru memulai apersepsi dengan menghangatkan setrika, kemudian setrika itu disentuhkan ke kulit murid, maka mereka akan merasa panas, kemudian guru juga meminta murid untuk memegang gagang setrika. Tanyakan pada mereka apakah mereka juga merasakan panas seperti halnya alas setrika yang menyentuh kulit mereka. Melalui kegiatan ini mereka pasti bertanya-tanya mengapa antara gagang setrika dan alas setrika memiliki suhu yang berbeda. Minta siswa untuk memberikan jawaban. Dengan kegiatan ini kita dapat merangsang rasa ingin tahu siswa.

2. Alami
Biarkan semua siswa atau perwakilan siswa untuk mengalami simulasi apersepsi tadi

3. Namai
Setelah mereka mengalami maka mulailah kita menananmkan konsep-konsep terkait konduktor dan isolator kepada mereka

4. Demonstrasikan
Untuk pendalaman materi dan lebih menguatkan ingatan siswa terhadap materi pelajaran, sangat penting bagi guru untuk melibatkan siswa dalam kegiatan pembelajaran misalnya dengan melakukan percobaan, role play atau dengan strategi apapun yang penting membuat siswa menjadi aktif terlibat dalam pembelajaran. Untuk kegiatan demonstrasi pada materi pelajaran IPA Konduktor Isolator, guru dapat memberikan tugas percobaan kepada murid. Guru membagikan sebuah lilin dan  alat-alat/bahan yang konduktor dan isolator seperti, penggaris alumunium, sendok plastik, gelas kaca, kaleng susu, pensil dst.  Minta siswa untuk melakukan percobaan sehingga mereka mendapatkan barang mana yang konduktor, barang mana yang isolator

5. Ulangi
Memberikan kesimpulan dan feed back pada akhir pembelejaran sangat penting, agar ingatan siswa semakin kuat dan memberikan rasa "selesai" terhadap pelajaran. Bisa berupa nyanyian atau hanya sekedar kesimpulan yang di sampaikan dengan metode ceramah

6. Rayakan
Akuilah setiap usaha yang telah dilakukan sisswa, berikan apresiasi yang adil pada tiap individu. Hal ini penting untuk meningkatkan rasa percaya diri mereka. Apresiasi yang diberikan bisa berupa pujian, bintang kelas ataupun hadiah berupa materi

Demikian lah sedikit penjelasan mengenai strategi TANDUR dalam Quantum Teaching, Semoga bermanfaat. Aamiin.....

No comments:

Post a Comment