Wednesday 29 October 2014

Semangat Sumpah Pemuda Era 2014


 28 Oktober 2014 yang lalu, kita bangsa Indonesia bersama-sama merayakan Hari Sumpah Pemuda. Sumpah Pemuda merupakan bagian penting dalam sejarah perjuangan kemerdekaan bangsa Indonesia. Ikrar ini dianggap sebagai kristalisasi semangat untuk menegaskan cita-cita berdirinya negara Indonesia. 
Semangat pemuda tak bisa dianggap remeh, maka sungguh tak berlebihan jika mendiang Soekarno sangat yakin pada kekuatan pemuda yang ia gambarkan dalam sebuah kalimat yang sering kita temui dalam buku-buku sejarah yakni "berikan aku 10 pemuda, maka akan aku guncangkan dunia". Pemuda, ya.  Pada para pemuda itulah nasib masa depan bangsa ini dititipkan.

Semangat para pemuda Indonesia di tahun 1928 digambarkan dalam sebuah pergerakan yang menghasilkan Sumpah Pemuda. Sebuah sumpah yang mampu membangkitkan semangat nasionalisme membela tanah air. Lalu, bagaimana dengan para pemuda di masa kini. Bagaimana dengan kita? Sudahkah kita para pemuda yang hidup di zaman ini meneladani semangat para pemuda era 1928. Kecintaan dan semangat pengabdiannya untuk Indonesia, sudahkah kita ikuti?Saya ingin melihat sisi positif pemuda bangsa kita, meski sering kali kita temui banyak sekali berita-berita buruk mengenai pemuda Indonesia.  


Saat ini, saat dimana keadaan Indonesia sedang mengalami banyak masalah penuh dg tantangan, pada saat itu ada gelombang optimisme yang luar biasa. Ada semangat yang dimunculkanoleh para pemuda, yang semangat itu menular ke seluruh Indonesia. Hari ini kita semua ber 30 orang adalah putra putri terbaik yang dipilih Indonesia untuk ikut terlibat memberikan kontribusi bagi Negara. 

Kita meninggalakan zona nyaman hidup kita untuk menjadi guru di pelosok negeri yang minim sinyal telepon, minim sumber listrik dan minim air bersih. Kita hadir di sana bukan hanya sebagai guru tapi juga sebagai inspirasi, role model, sebagai pengerat tenun kebangsaan. Meski apa yang kita lakukan hai ini tak sebanding dengan pemuda di masa itu, tapi  hadirnya kita hari ini membuktikan bahwa ibu-ibu kita masih melahirkan para pejuang.

Jangan khawatir kawan, Indonesia sesungguhnya masih punya banyak para pemuda yang siap mencintai dan mengabdi untuk bangsanya tercinta.
Salam Sumpah Pemuda !!!!!!!!

No comments:

Post a Comment