Thursday 30 October 2014

Berhala Kesombongan



Hancurkan Berhalamu, Berhala Kesombongan!!!!!!!!!
Kesombongan adalah lisan yang paling fasih dari diri kita. Sesungguhnya kata “aku” merupakan suara lirih yang keluar dari dalam jiwa yang menjadikan harapan atas penghormatan orang lain terhadap diri kita. Sungguh ini sesuatu yang naïf. Virus-virus keseombongan inilah yang mengantarkan pemiliknya  pada penderitaan yang tak berkesudahan.
Kesombongan mendorong kita untuk selalu menunjukkan kemampuan agar orang lain mengetahui bahwa kita lah yang terbaik, tertampan, tercantik, tercerdas, terkaya, terhormat dst. Sesungguhnya ini sebuah indikator bahwa ada sesuatu yang cacat dari dalam jiwa kita yang harus segera disembuhkan.
Sesungguhnya hawa nafsu sangat cinta pada yang namanya pujian dan penghargaan. Akan tetapi, hawa nafsu yang dilatih dan dipaksa oleh pemiliknya untuk tawadhu akan mengantarkan pemilknya pada kenikmatan anugerah Allah atas rasa rendah hati yang dimilikinya.
William James, seorang bapak ilmu psikologi modern mengatakan “ Anda harus menghilangkan kekaguman pada diri sendiri. Jika anda dapat melakukannya, maka hal itu merupakan kenikmatan ynag tiada tara, dan dengan sendirinya, orang lain akan mengagumi kelebihan-kelebihan yang anda miliki”
Jika anda ingin merasakan kenikmatan ini, maka cicipilah perihnya hidup di atas ketawadhuan dan kesederhanaan.
Saudara-saudaraku yang kucintai karena Allah, mari kita saling mengingatkan………
Dengarkanlah dengan saksama tatkala orang lain berbicara tentang apa saja. Jadilah orang yang suka memuaskan perasaan orang lain, yaitu dengan berbicara tentang kebaikan-kebaikan mereka. Adapun tentang kedudukan, kemampuan dan kebaikan sifat anda, maka jangan sampai anda membicarakannya, karea ia yang akan berbicara tentang kebaikan anda.

No comments:

Post a Comment