Thursday 12 May 2016

Rencana Studi Beasiswa Afirmasi LPDP bidang Pendidikan



Rencana Studi
Calon Penerima Beasiswa Afirmasi
Lembaga Pengelola Dana Pendidikan

A.      Latar Belakang dan Motivasi
Pendidikan adalah kunci kemajuan sebuah bangsa. Berbekal amanah UUD 1945 “ pendidikan adalah hak setiap anak bangsa”, Indonesia telah berupaya menyelenggarakan pendidikan yang telah dirasakaan oleh hampir seluruh anak Indonesia. Namun, berbagai program dan kebijakan pemerintah dalam menyelenggarakan pendidikan belum mampu mengangkat bangsa kita sejajar dengan bangsalainnya. Tanpa menampikkan keberhasilan pendidikan kita, di sisi lain terdapat berbagai kegagalan pendidikan yang harus kita benahi. Setiap tahunnya lahir lulusan sarjana yang mandul mengatasi persoalan yang terjadi di masyarakat. Alih-alih menciptakan lapangan pekerjaan, lulusan-lusan ini justru menjadi penyumbang angka tertinggi pengangguran di Indonesia. Belum lagi cerita tentang para koruptor berdasi dan tawuran pelajar menjadikan kegagalan dalam dunia pendidikan semakin komplit. Hal ini mendorong praktisi pendidikan mencari solusi atas permasalahan tersebut. Diantaranya adalah pengembangan pendidikan berbasis agama-sains yang kini marak tumbuh dengan sebutan IT (Islam Terpadu).
Hal inilah yang akan menjadi penilitian saya di S2 nanti. Penelitian ini nantinya akan berfokus pada kurikulum dan manajemen pada sekolah/lembaga yang menjalankan model pendidikan integrasi. Mengingat background S1 saya adalah Pend. Agama Islam, maka di S2 saya akan mengambil S2 Pendidikan Umum. Di UCL sebagai Universitas terbaik dunia bidang pendidikan dan di London sebagai Negara barat yang maju sainsnya. Di sana, saya akan belajar pendidikan secara menyeluruh. Hal ini akan sangat mendukung penelitian saya dan semoga dengan penilitian ini, dapat membantu menemukan/melengkapi perbaikan model kurikulum dan manajemen sekolah yang menerapkan pembelajaran terintegrasi sebagai bentuk solusi pada permasalahan pendidikan kita hari ini. Bermodalkan ketekunan dan azzam yang kuat serta background ilmu yang saya miliki, saya berkomitmen untuk melaksanakan amanah LPDP dengan sebaik-baiknya.








B.      Program Studi
Program studi yang saya ajukan adalah Master of Art (M.Art.) in Education. Adapun rincian mengenai program studi tersebut adalah sebagai berikut :
Program studi yang diajukan

Master Arts in Education, spesialisasi Education
Institusi penyelenggara
University College London (UCL), Faculty of Institute of Education
Jenis program
Taught Master degree Programmes
Lokasi
London, United Kingdom
Kredit
180 kredit
Durasi
1 tahun
Sekilas tentang Institusi Penyelenggara
UCL adalah universitas terbaik di dunia dalam bidang pendidikan. IOE (Institute of Education) adalah pilihan pertama untuk para professional dalam pendidikan dari seluruh dunia. Berlokasi di jantung kota London, di kelilingi oleh perpustakaan besar, museum dan professional Eropa. Universitas ini dikenal memiliki reputasi international untuk kualitas pengajaran dan pendidikan di seluruh spectrum akademik. Di dukung dengan SDM yang kompeten dan sarana prasarana yang mendukung, UCL menjadi pusat berbagai penelitian pendidikan di dunia.

C.      Mata Kuliah
Untuk menyelesaikan program Master of Arts in Education, dipersyaratkan menempuh 180 kredit yang terbagi dalam 2 modul wajib (What is Education? And Understanding Research) dan 2 modul pilihan (specialisms, interest and modes of delivery) serta penulisan tesis.

D.     Rencana Aktiitas di luar Perkuliahan
Dalam rangka pengembangan diri, selain menjalani aktivitas kuliah di unvierstas, saya akan melakukan hal-hal berikut :
1.      Bergabung dalam PPI UK atau PPI Regional UCL/PPI Regional UCL
2.      Bergabung dalam komunitas-komunitas yang memiliki visi sama dengan bidang magister saya
3.      Mengikuti seminar dan konferensi ilmiah
4.      Bergabung dalam komunitas keagamaan untuk menambah ilmu  dan menjaga keistiqomahan

E.      Rencana Pasca Studi
Setelah menyelesaikan magister di bidang pendidikan saya berharap dapat berkiprah dalam bidang pendidikan di lingkungan saya sebagai bentuk pengamalan ilmu, pengembangan diri serta rasa syukur dan apresiasi kepada Bangsa Indonesia yang telah memberikan kesempatan bagi saya dan anak Indonesia lainnya untuk melanjutkan studi ke jenjang yang lebih tinggi. Adapun langkah yang akan saya ambil dalam pengabdian dan profesionalisme diri adalah :
1.      Mengaplikasikan keilmuan dengan cara terjun secara langsung sebagai pendidik di salah satu instansi pendidikan yang terdapat di lingkungan tempat tinggal saya
2.      Melalui komunitas yang dimiliki, saya ingin terus belajar dan membagikan apa yang dimiliki kepada sesama praktisi pendidikan melalui training-training dan sharing pendidikan
3.      Bersama jejaring dan komunitas yang dimiliki, saya ingin membangun sekolah berbasis boarding yang mengintegrasikan pendidikan agama dan sains secara bersamaan serta menganut sistem subsidi silang dalam pendanaannya.
4.      Dalam waktu jangka panjang, saya ingin terlibat dalam sistem pemerintahan yang memegang tampuk kebijakan dan managerial. (Ex : Kepala Dinas).


1 comment: