Friday 7 February 2014

Analisis Jurnal psikologi (Hubungan Kontrol Diri dengan Prokrastinasi)



Tugas Analisis Jurnal Psikologi
Nama : Maria Ulfah
NIM : 10410027
Nama Peneliti              : Aliya Noor Aini & Iranita Hervi Mahardayani
Tahun Penelitian         : Juni 2011
Judul Peneleitian         : Hubungan antara Kontrol Diri dengan Prokrastinasi dalam Menyelesaikan Skripsi pada Mahasiswa Universitas Muria Kudus
Pertanyaan Penelitian  : adakah hubungan negatif antara kontrol diri dengan prokrastinasi dalam menyelesaikan skripsi pada mahasiswa?
Metode Penelitian        : Tekhnik pengumpulan sample yang digunakan adalah purposive sampling, dan data penelitiannya di kumpulkan dengan menggunakan metode skala, sedangkan untuk analisis datanya peneliti menggunakan korelasi product moment dengan mengguanakan bantuan program SPSS.
Hasil Penelitian            : ada hubungan negatif yang sangat signifikan antara kontrol diri dengan prokrastinasi dalam menyelesaikan skripsi pada mahasiswa UMK
Komentar Penulis         : Bagi mahasiswa yang ingin menekean prokrastinasinya maka ia harus meningkatkan kontrol  dirinya dengan mengatur stimulusnys, sehingga dapat mengetahui kapan suatu stimulus yang tidak di kehendaki itu mengenggu serta dapat menghadapi stimulus tersebut.
Analisis.......................
Prokrastinasi adalah suatu kecenderungan untuk menunda dalam memulai maupun menyelesaikan kinerja secara keseluruhan untuk melakukan aktivitas lain yang tidak berguna, sehingga kinerja menjadi terhambat, dan tidak pernah menyelesaikan suatu tugas tepat pada waktunya. Melihat hasil penelitian di atas dapat di simpulkan bahwa kontrol diri itu sangat lah penting untuk menekan prokrastinasi dalam diri seseorang, mungkin tidak hanya pada penyelesaian skripsi namun juga pada penyelesaian tugas-tugas lainnya. Prokrastinasi tidak hanya terjadi pada kalangan bawah saja, tapi juga kadang terjadi pada pejabat-pejabat tinggi di pemerintahan, sehingga merugikan masyarakat yang sebenarnya sangat membutuhkan pelayanan jasa dengan cepat Penundaan adalah kuburan di mana kesempatan dimakamkan. Jika waktu adalah kehidupan, maka penyia-nyian waktu adalah pembunuhan. Artinya, penundaan itu MEMATIKAN. Tentu sangat tidak bijaksana bila kita membiarkan gangguan proskrastinasi menyerang diri kita. Selain merugikan diri sendiri, kebiasaan buruk tersebut juga dapat menghancurkan kerjasama dalam tim dan juga merugikan orang lain. Prokrastinasi dapat diatasi dengan membuat time line target, membuat prioritas-prioritas pekerjaan serta membangun motivasi yang kuat dalam diri. Dengan  cara-cara tersebut kita akan lebih terbantu dalam mengatasi prokrastinasi.

No comments:

Post a Comment