Wednesday 14 May 2014

Strategi Belajar Matematika

Bukan Ulangan Matematika

Saya hanya menuliskan ulang apa yang saya dapatkan pada Majalah "Kabar Indonesia Mengajar". Saat saya  membaca tulisan di halaman 30-31 saya melihat ada sebuah tulisan bagus yang berjudul "Bukan Ulangan Matematika"
Tulisan ini berisi tentang strategi seorang guru Pengajar Muda dalam menyiasati ulangan matematika yang selalu identik dengan soal-soal rumit dan menyeramkan sehingga para siswa langsung "males" ketika mendengar yang namanya ulangan. Pengajar muda dengan kreatifnya membuat sebuah strategi ulangan untuk anak didiknya sehingga mereka merasa sedang bermain bukan sedang ulangan. Saya pikir ini sangat kreatif....hehhe

Buat kalian yang juga seorang pengajar/guru, tentu ingin sperti pengajar muda itu kan? Srategi ini juga bisa digunakan untukmata pelajaran apapun. Strategi ini bisa diterapkan tidak hanya untuk ulangan kok, kalian juga bisa memakainya untuk memberikan evaluasi pelajaran kepada para siswa.

Yuk kita intip rahasianya...hehehe

Persiapan
1. Guru mengatur bangku dan kursi di dalam kelas menjadi tiga deret saja
2. Masing-masing deret bangku diberi identitas. Deret paling belakang diberi tanda "Level 1", deret tengah adalah "Level 2" dan deret yang paling depan adalah "Level 3"
3. Guru membagi papan tulis menjadi 3 bagian. Guru menulis 10 soal di papan tulis sesuai dengan level kesulitannya. "Level 1" adalah untuk kategori mudah, "level 2" untuk kategori soal sedang, dan "Level 3" untuk kategori soal sulit.
4. Mulailah "permainan" dengan menempatkan anak di posisi start yang sama yaitu level 1.



Pelaksanaan dan Aturan Main
Pertama
Siswa yang duduk di deretan bangku level 1 harus mengerjakan 5 soal diantara 10 soal level 1 yang ada di papan tulis. Boleh pindah ke deretan bangku level 2 HANYA JIKA anak mampu mengerjakan 3 dari soal yang dipilihnya dengan benar

Kedua
Siswa yang naik level 2 harus mengerjakan 7 diantara 10 soal level 2 yang ada di papan tulis. Boleh pindah ke dertan bangku level 3 HANYA JIKA anak mampu mengerjakan 5 dari 7 soal yang dipilihnya dengan benar.

Ketiga
Siswa yang naik ke level 3 harus mengerjakan 9 diantara 10 soal level 3 yang ada di papan tulis. Siswa yang duduk dibangku level 3 diijinkan untuk istirahat lebih awal HANYA JIKA siswa tersbut mampu mengerjakan 7 dari 9 soal pilihannya dengan benar.


Nah itu dia persiapan dan aturan mainnya. Gampang banget bukan. Dijamin deh siswa mu gak akan nyontek, bahakan tak seorangpun murid mu menyadari bahwa mereka sedang ulangan. Hebat Bukan????

No comments:

Post a Comment