RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)
Nama Sekolah :
MIS Nurul Falah
Mata Pelajaran :
Fiqih
Materi Pokok : Tata Cara dan
Hikmah Zakat
Kelas/Semester :
IV/I
Pertemuan ke :
7,
8 dan 9
Alokasi Waktu : 6 x
35 menit
A.
Standar
Kompetensi
Mengenal
ketentuan zakat
B.
Kompetensi
Dasar
Mempraktekkan
tata cara zakat mal dan zakat fitrah
C.
Indikator
Pencapaian Kompetensi
-
Mensimulasikan tata
cara mengeluarkan zakat mal
-
Mendemonstrasikan
cara mengeluarkan zakat fitrah
-
Melafalkan niat
menunaikan zakat mal
-
Melafalkan niat
menunaikan zakat fitrah
-
Menyebutkan hikmah
zakat mal
-
Menyebutkan hikmah
zakat fitrah
D.
Tujuan
Pembelajaran
-
Dengan metode diskusi
dan pengunnaan strategi role play siswa
diharapkan dapat mendemonstrasikan tata cara mengeluarkan zakat mal dan zakat
firah
-
Dengan metode penugasan
dan penggunaan strategi reading aloud siswa diharapkan dapat melafalkan niat
mengeluarkan zakat mal dan zakat fitrah dengan baik dan benar
-
Dengan metode
diskusi dan refleksi dan strategi seeing
jow it is? Siswa diharapkan dapat menyebutkan hikmah zakat mal dan zakat
firah
E.
Karakter yang Diharapkan
Religius dan
Berani
F.
Materi
Pokok
1.
Tata cara
zakat fitrah dan zakat mal
2.
Hikmah
mengeluarkan zakat fitrah dan zakat mal
3.
Lafal niat
menunaikan zakat fitrah dan zakat mal
G.
Metode/Strategi
Pembelajaran
a.
Metode : Ceramah, Tanya Jawab , Diskusi dan Penugasan
b.
Strategi : Role Play, Reading Aloud dan Seeing Ho it
is?
H.
Kegiatan
Pembelajaran
Kegiatan
pembelajaran
|
Waktu
|
Model
Pembelajaran
|
|
Pendahuluan
|
·
Guru mengawali
kegiatan belajar secara Islami : Salam pembuka, doa sebelum memulai pelajaran
·
Guru memberikan
apersepsi sebelum pembelajaran dimulai
·
Guru menjelaskan tujuan pembelajaran yang akan
dicapai.
|
15 menit
|
Ceramah
Tanya Jawab
|
Inti
|
Pertemuan ke-1
·
Siswa dibagi
menjadi 2 kelompok besar
·
Setiap
kelompok mendapatkan satu narasi drama
pendek. Berdasarkan narasi siswa diminta menentukan perannya masing-masing
dalam kelompok
·
Setiap
kelompok diminta untuk mensimulasikan drama pendek tentang tata cara
mengeluarkan zakat di depan kelas
·
Setiap
kelompok memberikan komentar terhadap kelompok yang lain
·
Kelompok
terbaik mendapatkan reward
Pertemuan Ke-2
·
Guru
memberikan siswa materi bacaan niat zakat fitrah dan mal dalam bentuk tulisan
di papan tulis
·
Guru meminta
siswa membacakan secara keras niat zakat secara bersama-sama
·
Guru meminta
siswa secara acak mengulang bacaan
·
Siswa diminta
menghafalkan bacaan niat zakat fitrah dan zakat mal
·
Guru meminta
sukarelawan atau secara acak meminta mereka membacakan hafalannya
·
Guru
memberikan koreksi dan masukan terhadap bacaan siswa
Pertemuan Ke-3
·
Siswa dibagi
menjadi 2 kelompok besar berdasarkan kelompok drama pada pertemuan sebelumnya
·
Setiap
kelompok diminta mengungkapkan perasaan pemain saat drama pendek berlangsung
·
Refleksi
dibuat dalam bentuk tulisan
·
Setiap
kelompok diminta untuk menunjuk 1 orang sebagai juru bicara dalam kelompoknya
·
Juru bicara
dalam kelompok menjelaskan refleksi yang mereka buat pada kelompok yang lian,
begitu juga kelompok yang satunya
|
45
Menit
|
Role Play
Reading Aloud
Seeing How it is?
|
Penutup
|
·
Siswa diberi
kesempatan bertanya tentang materi yang belum mereka fahami
·
Guru
memberikan kesimpulan dari materi yang disampaikan
·
Guru
menyampaikan rencana pembelajaran pada pertemuan selanjutnya
·
Guru
mengakhiri pelajaran secara Islami : Do’a setelah belajar, salam penutup
|
10
menit
|
Tanya
Jawab
Ceramah
|
I.
Sumber
dan Alat
a.
Sumber :
Arina Manasikana,
2011. Fikih untuk
Madrasah Ibtidaiyah Kelas IV, Yogyakarta: Insan Madani
b.
Alat
-
Narasi Drama
J.
Penilaian
Aspek
yang dinilai
|
Jenis
Penilaian
|
Bentuk
Instrumen
|
Kognitif
|
Tes Tulis
|
Soal
|
Psikomotor
|
Performance
|
Chek list performance
|
Afektif
|
Pengamatan siswa di kelas
|
Rubrik Sikap
|
Mengetahui
Kepala
MIS Nurul Falah
Masiati, S.Pd.I
NIP. 19710612
2005 012 003
|
Patuno, 27 Sepetember 2014
Guru
Kelas
Maria
Ulfah S.Pd.I
NIR. 0714017
|
No comments:
Post a Comment