RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)
Nama Sekolah :
MIS Nurul Falah
Mata Pelajaran :
Fiqih
Materi Pokok : Praktik Infaq
dan Shadaqah
Kelas/Semester :
IV/I
Pertemuan ke :
12,
13 dan 14
Alokasi Waktu : 6 x 35 menit
A.
Standar
Kompetensi
Mengenal
ketentuan infaq dan shadaqah
B.
Kompetensi
Dasar
Mempraktikkan
tata cara infaq dan shadaqah
C.
Indikator
Pencapaian Kompetensi
-
Mendemonstrasikan
cara berinfaq
-
Mendemonstrasikan
cara bershadaqah
-
Menyebutkan hikmah
berinfaq dan shadaqah
D.
Tujuan
Pembelajaran
-
Dengan metode diskusi
dan pengunnaan strategi role play siswa
diharapkan dapat mendemonstrasikan tata cara infaq dan shadaqah
-
Dengan metode
diskusi dan refleksi dan strategi seeing
jow it is? Siswa diharapkan dapat menyebutkan hikmah berinfaq dan shadaqah
E.
Karakter yang Diharapkan
Religius dan
Berani
F.
Materi
Pokok
1.
Tata cara infaq dan
shadaqah
2.
Hikmah mengeluarkan
infaq dan shadaqah
G.
Metode/Strategi
Pembelajaran
a.
Metode : Ceramah, Tanya Jawab , Diskusi
b.
Strategi : Role Play dan
Seeing How it is?
H.
Kegiatan
Pembelajaran
Kegiatan
pembelajaran
|
Waktu
|
Model
Pembelajaran
|
|
Pendahuluan
|
·
Guru mengawali
kegiatan belajar secara Islami : Salam pembuka, doa sebelum memulai pelajaran
·
Guru memberikan
apersepsi sebelum pembelajaran dimulai
·
Guru menjelaskan tujuan pembelajaran yang akan
dicapai.
|
15 menit
|
Ceramah
Tanya Jawab
|
Inti
|
Pertemuan Ke-1
·
Siswa dibagi
menjadi 2 kelompok besar
·
Setiap
kelompok mendapatkan satu narasi drama
pendek. Berdasarkan narasi siswa diminta menentukan perannya masing-masing
dalam kelompok
·
Setiap
kelompok diminta untuk mensimulasikan drama pendek tentang tata cara berinfaq
dan shadaqah
·
Setiap
kelompok memberikan komentar terhadap kelompok yang lain
·
Kelompok
terbaik mendapatkan reward
Pertemuan Ke-2
·
Siswa dibagi
menjadi 2 kelompok besar berdasarkan kelompok drama pada pertemuan sebelumnya
·
Setiap
kelompok diminta mengungkapkan perasaan pemain saat drama pendek berlangsung
·
Refleksi
dibuat dalam bentuk tulisan
·
Setiap
kelompok diminta untuk menunjuk 1 orang sebagai juru bicara dalam kelompoknya
·
Juru bicara
dalam kelompok menjelaskan refleksi yang mereka buat pada kelompok yang lian,
begitu juga kelompok yang satunya
|
45
Menit
|
Role Play
Seeing How it is?
|
Penutup
|
·
Siswa diberi
kesempatan bertanya tentang materi yang belum mereka fahami
·
Guru
memberikan kesimpulan dari materi yang disampaikan
·
Guru
menyampaikan rencana pembelajaran pada pertemuan selanjutnya
·
Guru
mengakhiri pelajaran secara Islami : Do’a setelah belajar, salam penutup
|
10
menit
|
Tanya
Jawab
Ceramah
|
I.
Sumber
dan Alat
a.
Sumber :
Arina Manasikana,
2011. Fikih untuk
Madrasah Ibtidaiyah Kelas IV, Yogyakarta: Insan Madani
b.
Alat
-
Kertas indeks
-
Narasi Drama
J.
Penilaian
Aspek
yang dinilai
|
Jenis
Penilaian
|
Bentuk
Instrumen
|
Kognitif
|
Tes Tulis
|
Soal
|
Psikomotor
|
Performance
|
Chek List
|
Afektif
|
Pengamatan siswa di kelas
|
Rubrik Sikap
|
Mengetahui
Kepala
MIS Nurul Falah
Masiati, S.Pd.I
NIP. 19710612
2005 012 003
|
Patuno, 27 November 2014
Guru
Kelas
Maria
Ulfah S.Pd.I
NIR. 0714017
|
No comments:
Post a Comment