PERANGKAT PEMBELAJARAN
SILABUS
MATA PELAJARAN FIQIH MADRASAH IBTIDAIYAH
KELAS IV SEMESTER 1
Satuan Pendidikan : MI
Kelas/Semester : IV / I
Mata Pelajaran : Fikih
Standar Kompetensi : 1. Mengenal Ketentuan Zakat
Kompetensi Dasar
|
Materi Pembelajaran
|
Kegiatan Pembelajaran
|
Indikator
|
Penilaian
|
Alokasi Waktu
|
Sumber Belajar
|
|
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
6
|
7
|
|
1.1.
Menjelas-kan ketentuan zakat
maal
|
Tata cara
zakat maal
|
· Menyanyikan lagu yang berisi materi tentang
pengertian zakat maal dan hukumnya
· Bermain kartu indeks tentang materi harta yang
wajib dizakati dan jumlahnya dengan metode card match
· Secara berkelompok membuat resume terkait jumlah
zakat yang harus dikeluarkan serta waktu pengeluarannya
· Game “Quiz Team”
|
·
Menyebutkan pengertian zakat
maal
·
Menyebutkan hukum menunaikan
zakat maal
·
Menyebutkan harta yang wajib
dizakati
·
Menyebutkan jumlah harta yang
wajib dizakati (Nisab)
·
Menyebutkan
jumlah zakat maal yang harus dikeluarkan
·
Menyebutkan
batas waktu untuk mengeluarkan zakat
|
Tes tulis
Tes lisan
|
6 x 35
menit
|
Buku Fikih, Teks Lagu, Kartu Index Soal
|
|
1.2.
Menjelas-kan ketentuan zakat
fitrah
|
zakat
fitrah
|
· Menyanyikan lagu yang berisi materi tentang
pengertian zakat maal dan hukumnya
· Peer Lesson/ Pengajaran Teman Sebaya tentang hukum menunaikan zakat fitrah dan waktu pengeluarannya
· Bermain kartu indeks 8 golongan penerima zakat
dengan strategi “billiboard rangking”
|
·
Menyebutkan
pengertian zakat fitrah
·
Menyebutkan
hukum menunaikan zakat fitrah
·
Mendiskripsikan
waktu mengeluarkan zakat fitrah
·
Menyebutkan
jumlah zakat fitrah yang harus dikeluarkan
·
Menyebutkan
8 golongan yang berhak menerima zakat
fitrah dan zakat maal
|
Tes tulis
|
6 x 35 menit
|
Buku Fikih, Teks Lagu, Resume Materi
|
|
1.3. Memprak-tekkan tata cara
zakat maal dan zakat fitrah
|
Praktek menunaikan zakat fitrah
Hikmah zakat
fitrah
|
· Bermain peran dalam sebuah drama pendek tentang
tata cara mengelarkan zakat fitrah
· Setiap siswa diberi tugas menghafal niat
menunaikan zakat fitrah dengan strategi “reading aloud”
· Siswa melakukan drama pendek dan membuat
refleksi drama hingga menghasilkan kesimpulan tentang hikmah
|
·
Mensimulasikan
tatacara mengeluarkan zakat maal
·
Mendemonstrasikan
cara mengeluarkan zakat fitrah
·
Melafalkan
niat menunaikan zakat maal
·
Melafalkan
niat menunaikan zakat fitrah
·
Menyebutkan
hikmah zakat fitrah
·
Menyebutkan
hikmah zakat maal
|
Performance Tes
Lisan
|
6 x 35
menit
|
Buku Fikih dan Narasi Role Play
|
Standar
Kompetensi : 2. Mengenal Ketentuan Infaq Dan Shodaqah
Kompetensi Dasar
|
Materi Pembelajaran
|
Kegiatan Pembelajaran
|
Indikator
|
Penilaian
|
Alokasi Waktu
|
Sumber Belajar
|
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
6
|
7
|
2.1.
Menjelas-kan
ketentuan infaq dan shadaqah
|
Infaq dan
shodaqoh
|
· Mencari pengertian dan ketentuan infaq
dari berbagai sumber / media
·
Mencari pengertian dan
ketentuan shodaqah dari berbagai sumber / media
·
Berdiskusi tentang perbedaan
antara infaq dan shodaqah
|
·
Menyebutkan
pengertian infaq
·
Menyebutkan
hukum infaq
·
Menyebutkan
pengertian shodaqah
·
Menyebutkan
hukum shodaqoh
·
Membedakan
antara infaq dan shodaqah
|
Tes tulis
|
4 x 35 menit
|
Buku Fikih, Kartu Index card match, Narasi materi
|
2.2.
Memprak-tekkan
tata cara infaq dan shadaqah
|
Praktik infaq dan shodaqah
|
· Pratek berinfaq sesuai dengan kemampuan,
misalnya pada hari jum’at
· Praktek bershodaqah sesuai keadaan dan
kemampuan misalnya dengan senyum, menyingkirkan sesuatu yang menghalangi
· Refleksi kemudian menyampaikan hasil refleksi
dalam bentuk diskusi tentang hikmah infaq dan shodaqah
|
· Mendemostrasikan cara berinfaq
· Mendemonstrasikan cara bershodaqoh
· Menyebutkan hikmah berinfaq dan
bershodaqah
|
Angket Chek List
Self Assessment
|
6 x 35 menit
|
Buku Fikih, Narasi materi
|
Patuno, 15 Januari 2015
Mengetahui
Kepala Madrasah Guru
Mata Pelajaran
Masiati, S.Pd.I Maria
Ulfah, S.Pd.I
NIP.
19710612 2005 012 003 NIP.
.
.
No comments:
Post a Comment