RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)
Nama Sekolah :
MIS Nurul Falah
Mata Pelajaran :
Fiqih
Materi Pokok : Infaq dan
Shadaqah
Kelas/Semester :
IV/I
Pertemuan ke :
10
dan 11
Alokasi Waktu : 4 x
35 menit
A.
Standar
Kompetensi
Mengenal
ketentuan infaq dan shadaqah
B.
Kompetensi
Dasar
Menjelaskan
ketentuan infaq dan shadaqah
C.
Indikator
Pencapaian Kompetensi
-
Menyebutkan
pengertian zakat infaq
-
Menyebutkan hukum infaq
-
Menyebutkan pengertian
shadaqah
-
Menyebutkan hukum
shadaqah
-
Membedakan anatara
infaq dan shadaqah
D.
Tujuan
Pembelajaran
-
Dengan metode tanya
jawab dan permianan dan strategi card match
siswa diharapkan dapat menyebutkan pengertian dan hukum dari infaq dan shadaqah
dengan baik dan benar
-
Dengan metode
permainan dan strategi go to your post
siswa diharapkan dapat membedakan antara infaq dan shadaqah
E.
Karakter yang Diharapkan
Religius dan
Berani
F.
Materi
Pokok
1.
Infaq dan
Shadaqah
G.
Metode/Strategi
Pembelajaran
a.
Metode : Ceramah, Tanya Jawab , Diskusi dan Permainan
b.
Strategi : Card Match dan
Go to Your Post
H.
Kegiatan
Pembelajaran
Kegiatan
pembelajaran
|
Waktu
|
Model
Pembelajaran
|
|
Pendahuluan
|
·
Guru mengawali
kegiatan belajar secara Islami : Salam pembuka, doa sebelum memulai pelajaran
·
Guru memberikan
apersepsi sebelum pembelajaran dimulai
·
Guru menjelaskan tujuan pembelajaran yang akan
dicapai.
|
15 menit
|
Ceramah
Tanya Jawab
|
Inti
|
Pertemuan Ke-1
·
Siswa
mendegarkan penjelasan guru tentang infaq dan shadaqah
·
Siswa
dibagikan kertas berwarna hijau yang berisi kata “shadaqah, infaq”
·
Siswa yang
lain diberikan kertas berwarna orange berisi pernyataan terkait pengertian “shadaqah,
infaq dan hukumnya
·
Siswa
diminta mencari pasangannya sesuai dengan kartu yang ia miliki (hijaus vs
orange)
·
Guru meminta
perwakilan siswa untuk menunjukkan kartunya dan pasangannya
·
Siswa
bersama guru mengoreksi hasil masing-masing pasangan
Pertemuan Ke-2
·
Guru membuat
dua post (lokasi) berupa kursi pada
ruang kelas depan dan belakang
·
Bagian
belakang adalah post infaq dan bagian depan post shadaqah
·
Siswa
diminta membaca materi sebelum permainan dimulai
·
Setiap siswa
diminta maju perorangan untuk melkaukan permainan
·
Guru
membacakan sebuah pernyataan terkait materi. Setelah mendengar dengan baik
penyataan yang dibacakan guru, siswa diminta menentukan pilihan. Apakah ia
akan berlari ke post infaq atau shadaqah. Apabila pernyaataan tersebut adalah
pernyataan tentang infaq maka siswa harus duduk di kursi post infaq, begitu
juga sebaliknya.
·
Guru
memberikan penguatan materi
|
45
Menit
|
Card Match
Go to Your Post
|
Penutup
|
·
Siswa diberi kesempatan
bertanya tentang materi yang belum mereka fahami
·
Guru
memberikan kesimpulan dari materi yang disampaikan
·
Guru
menyampaikan rencana pembelajaran pada pertemuan selanjutnya
·
Guru
mengakhiri pelajaran secara Islami : Do’a setelah belajar, salam penutup
|
10
menit
|
Tanya
Jawab
Ceramah
|
I.
Sumber
dan Alat
a.
Sumber :
Arina Manasikana,
2011. Fikih untuk
Madrasah Ibtidaiyah Kelas IV, Yogyakarta: Insan Madani
b.
Alat
-
Kertas indeks
-
Kursi
J.
Penilaian
Aspek
yang dinilai
|
Jenis
Penilaian
|
Bentuk
Instrumen
|
Kognitif
|
Tes Tulis
|
Soal
|
Afektif
|
Pengamatan siswa di kelas
|
Rubrik Sikap
|
Mengetahui
Kepala
MIS Nurul Falah
Masiati, S.Pd.I
NIP. 19710612
2005 012 003
|
Patuno, 27 Oktober 2014
Guru
Kelas
Maria
Ulfah S.Pd.I
NIR. 0714017
|
No comments:
Post a Comment