PERANGKAT PEMBELAJARAN
SILABUS
MATA PELAJARAN FIQIH MADRASAH IBTIDAIYAH
KELAS IV SEMESTER 2
Satuan Pendidikan : MI
Kelas/Semester : IV / II
Mata Pelajaran : Fikih
Standar Kompetensi : 3. Mengenal Ketentuan
Salat Id
Kompetensi Dasar
|
Materi Pembelajaran
|
Kegiatan Pembelajaran
|
Indikator
|
Penilaian
|
Alokasi Waktu
|
Sumber Belajar
|
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
6
|
7
|
3.1.
Menjelas-kan macam-macam shalat Id
|
Salat idul fitri dan
idul adha
|
·
Kunjungan
lapangan bertemu narasumber ntuk mengumpulkan informasi tentang macam-macam
salat Id
·
Membuat
sebuah gambar yang mewakili hasil pengumpulan informasi dari para narasumber
·
Membaca
buku untuk menemukan hukum salat Id
|
·
Menyebutkan
macam-macam shalat Id
·
Menyebutkan hukum shalat Id
|
Tes tulis
|
6 x 35
menit
|
Buku Fikih, Gambar, Narasumber di lapangan
|
3.2.
Menjelas-kan
tatacara Salat Id
|
Cara shalat
idul fitrih dan idul adha
|
·
Menyanyikan
lagu yang berisi materi tentang pengertian Salat idul fitri dan idul adha
·
Diskusi
dalam bentuk jigsaw learning mengenai waktu pelaksanaan salat Id
·
Melihat
tayangan VCD tentang pelaksanaan Salat id
·
Menyusun
Puzzle kemudian memberi penjelasan puzzle terkait materi sunnah sebelum
melaksakan salat Id
|
· Menyebutkan pengertian salat Id
· Menyebutkan waktu pelaksanaan salat Id
· Menjelaskan tata cara salat Id
· Menyebutkan sunnah sebelum melaksanakan salat Id
|
Tes tulis
|
10 x 35 menit
|
Buku Fikih, Puzzle, Teks Lagu, dan Movie Learning
|
3.3. Mendemonstrasikan tatacara shalat idul
fitri dan idul adha
|
· Mempraktekkan Salat idul fitri dan idul
adha
|
·
Melihat
tayangan VCD tentang pelaksanaan Salat id
·
Praktik
salat id berjama’ah
|
· Siswa dapat menghafal niat salat Id
· Siswa dapat menghafal lafaz tasbih diantara
takbir pada salat Id
· Siswa dapat memperagakan Salat idul
fitri dan idul adha
|
Performance tes
|
10 x 35
menit
|
VCD Pembelajaran dan Buku Fikih, Masjid
|
Patuno, 15 Januari 2015
Mengetahui
Kepala Madrasah Guru
Mata Pelajaran
Masiati, S.Pd.I Maria
Ulfah, S.Pd.I
NIP.
19710612 2005 012 003 NIP.
No comments:
Post a Comment