RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)
Nama Sekolah :
MIS Nurul Falah
Mata Pelajaran :
Fiqih
Materi Pokok : Praktik Salat
Id
Kelas/Semester :
IV/II
Pertemuan ke :
9,
10, 11, 12 dan 13
Alokasi Waktu : 10 x
35 menit
A.
Standar
Kompetensi
Mengenal
ketentuan salat Id
B.
Kompetensi
Dasar
Mempraktekkan
tata cara salat Id
C.
Indikator
Pencapaian Kompetensi
-
Melafalkan niat salat
Id
-
Melafalkan tasbih
diantara takbir salat Id
-
Mendemonstrasikan
cara salat Id
D.
Tujuan
Pembelajaran
-
Dengan metode
penugasan dan penggunaan strategi reading
aloud siswa diharapkan dapat
melafalkan niat salat Id dan tasbih diantara takbir salat Id dengan baik dan
benar
-
Dengan metode demonstrasi
dan pengunnaan strategi role play siswa
diharapkan dapat mendemonstrasikan tata cara salat Id
E.
Karakter yang Diharapkan
Mandiri dan
Toleransi
F.
Materi
Pokok
1.
Lafal Niat
Salat Id
2.
Lafal Tasbih
diantara Takbir Salat Id
3.
Tata Cara Salat Id
G.
Metode/Strategi
Pembelajaran
a.
Metode : Ceramah, Tanya Jawab , Demonstrasi dan Penugasan
b.
Strategi : Role Play,dan Reading Aloud
H.
Kegiatan
Pembelajaran
Kegiatan
pembelajaran
|
Waktu
|
Model
Pembelajaran
|
|
Pendahuluan
|
·
Guru mengawali
kegiatan belajar secara Islami : Salam pembuka, doa sebelum memulai pelajaran
·
Guru memberikan
apersepsi sebelum pembelajaran dimulai
·
Guru menjelaskan tujuan pembelajaran yang akan
dicapai.
|
15 menit
|
Ceramah
Tanya Jawab
|
Inti
|
Pertemuan Ke-1 dan 2
·
Guru
memberikan siswa materi bacaan niat dan tasbih diantara takbi Salat Id dalam
bentuk tulisan di papan tulis
·
Guru meminta
siswa membacakan secara niat dan tasbih diantara takbi Salat Id secara
bersama-sama
·
Guru meminta
siswa secara acak mengulang bacaan
·
Siswa diminta
menghafalkan bacaan niat niat dan tasbih diantara takbi Salat Id
·
Guru meminta
sukarelawan atau secara acak meminta mereka membacakan hafalannya
·
Guru
memberikan koreksi dan masukan terhadap bacaan siswa
Pertemuan Ke-3, 4 dan 5
·
Siswa dibagi
menjadi 2 kelompok besar
·
Setiap
kelompok diminta mendemonstrasikan salat Id lengkap dengan bacaannya
·
Kelompok
yang belum mendapat giliran demosnstrasi diminta untuk menjadi observer
kelompok yang maju, begitu plua sebaliknya.
·
Tiap
kelompok saling mengomentari
|
45
Menit
|
Reading
Aloud
Demonstrasi
|
Penutup
|
·
Siswa diberi
kesempatan bertanya tentang materi yang belum mereka fahami
·
Guru
memberikan kesimpulan dari materi yang disampaikan
·
Guru
menyampaikan rencana pembelajaran pada pertemuan selanjutnya
·
Guru
mengakhiri pelajaran secara Islami : Do’a setelah belajar, salam penutup
|
10
menit
|
Tanya
Jawab
Ceramah
|
I.
Sumber
dan Alat
a.
Sumber :
Arina Manasikana,
2011. Fikih untuk
Madrasah Ibtidaiyah Kelas IV, Yogyakarta: Insan Madani
b.
Alat
-
Alat Salat
J.
Penilaian
Aspek
yang dinilai
|
Jenis
Penilaian
|
Bentuk
Instrumen
|
Kognitif
|
Tes Tulis
|
Soal
|
Psikomotor
|
Performance
|
Chek list performance
|
Afektif
|
Pengamatan siswa di kelas
|
Rubrik Sikap
|
Mengetahui
Kepala
MIS Nurul Falah
Masiati, S.Pd.I
NIP. 19710612
2005 012 003
|
Patuno, 27 April 2015
Guru
Kelas
Maria
Ulfah S.Pd.I
NIR. 0714017
|
No comments:
Post a Comment