RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)
Nama Sekolah :
MIS Nurul Falah
Mata Pelajaran :
Fiqih
Materi Pokok : Macam-Macam
Salat Id
Kelas/Semester :
IV/II
Pertemuan ke :
1,
2 dan 3
Alokasi Waktu : 6 x
35 menit
A.
Standar
Kompetensi
Mengenal
ketentuan salat Id
B.
Kompetensi
Dasar
Menjelaskan macam-macam
salat Id
C.
Indikator
Pencapaian Kompetensi
-
Menyebutkan macam-macam
salat Id
-
Menyebutkan hukum salat
Id
D.
Tujuan
Pembelajaran
-
Dengan metode
kunjungan lapangan dan wawancara narasumber siswa diharapkan dapat menyebutkan
macam-macam salat Id dengan baik dan benar
-
Dengan metode tanya
jawab dan strategi information search
siswa diharapkan dapat menyebutkan hukum salat Id dengan tepat
E.
Karakter yang Diharapkan
Mandiri dan
Toleransi
F.
Materi
Pokok
1.
Macam-Macam
Salat Id
2.
Hukum Salat Id
G.
Metode/Strategi
Pembelajaran
a.
Metode : Ceramah, Tanya Jawab , dan Kunjungan Lapangan
b.
Strategi : Information Search
H.
Kegiatan
Pembelajaran
Kegiatan
pembelajaran
|
Waktu
|
Model
Pembelajaran
|
|
Pendahuluan
|
·
Guru mengawali
kegiatan belajar secara Islami : Salam pembuka, doa sebelum memulai pelajaran
·
Guru memberikan
apersepsi sebelum pembelajaran dimulai
·
Guru menjelaskan tujuan pembelajaran yang akan
dicapai.
|
15 menit
|
Ceramah
Tanya Jawab
|
Inti
|
Pertemuan ke-1
·
Guru
menjelaskan kepada siswa bahwa mereka akan melakukan kunjungan lapangan
·
Setiap siswa
mendapat lembar wawancara yang diberikan guru
·
Siswa
diminta mewawancarai guru ngaji/ustadz ataupun tokoh masyarakat yang mereka
temui untuk menjadi narasumber mengenai mataeri pelajaran
·
Siswa
diminta menuliskan hasil wawancara di lapangan pada lembar yang telah
dibagikan
Pertemuan Ke-2
·
Siswa mengumpulkan
hasil wawancara pada pertemuan sebelumnya
·
Guru meminta
perwakilan siswa untuk mempresentasikan hasil kunjungannya di depan kelas
·
Siswa yang
tidak maju diberi tugas untuk mengomentari presentasi temannya dengan
membandingkan hasil kunjungan lapangan yang ia miliki
Pertemuan Ke-3
·
Guru
mengajak siswa mengunjungi perpustakaan
·
Siswa
diminta menemukan hukum melaksanakan salat Id pada berbagai sumber yang
tersedia di perpustakaan
·
Siswa
diminta berlomba cepat dalam menemukan hukum yang diminta
·
Siswa
tercepat dan jawabannya benar adalah pemenang kompetisi
·
Guru
mengumpulkaan siswa kembali ke kelas dan memberikan penguatan materi
|
45
Menit
|
Kunjungan Lapangan
Presentasi
Information Search
|
Penutup
|
·
Siswa diberi
kesempatan bertanya tentang materi yang belum mereka fahami
·
Guru
memberikan kesimpulan dari materi yang disampaikan
·
Guru
menyampaikan rencana pembelajaran pada pertemuan selanjutnya
·
Guru
mengakhiri pelajaran secara Islami : Do’a setelah belajar, salam penutup
|
10
menit
|
Tanya
Jawab
Ceramah
|
I.
Sumber
dan Alat
a.
Sumber :
·
Arina Manasikana,
2011. Fikih untuk
Madrasah IbtIdaiyah Kelas IV, Yogyakarta: Insan Madani
·
Narasumber di
Lapangan
b.
Alat
-
Panduan Wawancara
J.
Penilaian
Aspek
yang dinilai
|
Jenis
Penilaian
|
Bentuk
Instrumen
|
Kognitif
|
Tes Tulis
|
Soal
|
Afektif
|
Pengamatan siswa di kelas
|
Rubrik Sikap
|
Mengetahui
Kepala
MIS Nurul Falah
Masiati, S.Pd.I
NIP. 19710612
2005 012 003
|
Patuno, 02 Januari 2014
Guru
Kelas
Maria
Ulfah S.Pd.I
NIR. 0714017
|
No comments:
Post a Comment