RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)
Nama Sekolah :
MIS Nurul Falah
Mata Pelajaran :
Fiqih
Materi Pokok : Tata Cara
Salat Id
Kelas/Semester :
IV/II
Pertemuan ke :
4,
5, 6, 7 dan 8
Alokasi Waktu : 10 x
35 menit
A.
Standar
Kompetensi
Mengenal
ketentuan salat Id
B.
Kompetensi
Dasar
Menjelas-kan
tatacara Salat Id
C.
Indikator
Pencapaian Kompetensi
-
Menyebutkan
pengertian salat Id
-
Menyebutkan
waktu pelaksanaan salat Id
-
Menjelaskan tata
cara salat Id
-
Menyebutkan sunnah
sebelum melaksanakan salat Id
D.
Tujuan
Pembelajaran
-
Dengan metode tanya
jawab dan strategi parodi lagu siswa diharapkan dapat menyebutkan pengertian
salat Id dengan baik dan benar
-
Dengan metode diskusi
dan strategi jigsaw learning siswa
diharapkan dapat menyebutkan waktu pelaksanaan salat Id
-
Dengan metode
penugasan dan strategi movie learning siswa
diharapkan dapat menjelaskan tata cara melaksanakan salat Id dengan baik dan
benar
-
Dengan metode
permainan dan strategi puzzle Siswa
diharapkan dapat menyebutkan sunnah sebelum melaksanakan salat Id
E.
Karakter yang Diharapkan
Mandiri dan
Toleransi
F.
Materi
Pokok
1.
Pengertian
Salat Id
2.
Waktu
Pelaksanaan Salat Id
3.
Tata Cara
Salat Id
4.
Sunnah sebelum
Salat Id
G.
Metode/Strategi
Pembelajaran
a.
Metode : Ceramah, Tanya Jawab, Permainan, Diskusi dan Penugasan
b.
Strategi : Jigswa Learning,Movie Learning dan Puzzle
H.
Kegiatan
Pembelajaran
Kegiatan
pembelajaran
|
Waktu
|
Model
Pembelajaran
|
|
Pendahuluan
|
·
Guru mengawali
kegiatan belajar secara Islami : Salam pembuka, doa sebelum memulai pelajaran
·
Guru memberikan
apersepsi sebelum pembelajaran dimulai
·
Guru menjelaskan tujuan pembelajaran yang akan
dicapai.
|
15 menit
|
Ceramah
Tanya Jawab
|
Inti
|
Pertemuan ke-1
·
Siswa diberikan kertas yang berisi
parodi lagu tentang salat Id
·
Guru memberi contoh parodi lagu
yang akan dinyanyikan
·
Guru meminta
siswa bersama-sama menyanyikan lagu salat Id
·
Guru meminta
perwakilan siswa atau menunjuk secara acak pada siswa untuk menyanyikan lagu
salat Id di depan kelas
·
Guru
memberikan koreksi jika terdapat kesalahan
·
Guru
memberikan penguatan materi
Pertemuan Ke-2
·
Siswa di
bagi menjadi 6 kelompok
·
Tiap kelompok
diminta untuk berdiskusi tentang waktu pelaksanaan salat Id
·
Setiap
kelompok diminta untuk menunjuk 1 orang sebagai juru bicara dalam kelompoknya
Juru bicara dalam kelompok menjelaskan refleksi yang mereka buat pada
kelompok yang lian, begitu juga kelompok yang satunya
Pertemuan Ke-3
·
Dipandu oleh
guru siswa menonton video pembelajaran tentang tata cara salat Id
·
Siswa
diminta menuliskan apa yang ia ketahui tentang tata cara salat Id setelah
menonton video
·
Perwakilan siswa
diminta untuk menyampaikan hasil observasi videonya di depan kelas
·
Guru meminta
siswa yang lain untuk saling melengkapi dan mengomentari dengan cara
membandingkan temuannya masing-masing
·
Guru
memberikan penguatan materi
Pertemuan Ke-4
·
Guru membagi
siswa menjadi 4 kelompok
·
Tiap
kelompok mendapatkan potongan puzzle yang berisi tentang sunnah sebelum salat
Id
·
Tiap
kelompok diminta beradu cepat menyusun puzzle
·
Setelah
puzzle selesai tersusun, masing-masing kelompok diminta untuk memberikan
penjelasan menganai puzzle yang telah mereka susun.
·
Guru dan
siswa mengomentari penjelasan masing-masing kelompok
Pertemuan Ke-5
·
Ulangan
Harian (Evaluasi)
|
45
Menit
|
Parodi Lagu
Jigsaw Learning
Movie
Learning
Puzzle
|
Penutup
|
·
Siswa diberi
kesempatan bertanya tentang materi yang belum mereka fahami
·
Guru
memberikan kesimpulan dari materi yang disampaikan
·
Guru
menyampaikan rencana pembelajaran pada pertemuan selanjutnya
·
Guru
mengakhiri pelajaran secara Islami : Do’a setelah belajar, salam penutup
|
10
menit
|
Tanya
Jawab
Ceramah
|
I.
Sumber
dan Alat
a.
Sumber :
·
Arina Manasikana,
2011. Fikih untuk
Madrasah IbtIdaiyah Kelas IV, Yogyakarta: Insan Madani
b.
Alat
-
Puzzle
-
Lyric Lagu
J.
Penilaian
Aspek
yang dinilai
|
Jenis
Penilaian
|
Bentuk
Instrumen
|
Kognitif
|
Tes Tulis
|
Soal
|
Afektif
|
Pengamatan siswa di kelas
|
Rubrik Sikap
|
Mengetahui
Kepala
MIS Nurul Falah
Masiati, S.Pd.I
NIP. 19710612 2005 012 003
|
Patuno, 02 Februari 2014
Guru
Kelas
Maria
Ulfah S.Pd.I
NIR. 0714017
|
No comments:
Post a Comment