Sunday, 28 June 2015

RPP fikih Kelas 4 KD Menjelaskan Ketentuan Zakat Fitrah



RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)

Nama Sekolah                 : MIS Nurul Falah
Mata Pelajaran                : Fiqih
Materi Pokok                   : Zakat Fitrah
Kelas/Semester                : IV/I
Pertemuan ke                  : 4, 5 dan 6
Alokasi  Waktu                : 6 x 35 menit

A.           Standar Kompetensi
Mengenal ketentuan zakat
B.            Kompetensi Dasar
Menjelaskan ketentuan zakat fitrah
C.           Indikator Pencapaian Kompetensi
-          Menyebutkan pengertian zakat fitrah
-          Menyebutkan hukum menunaikan zakat fitrah
-          Mendeskripsikan waktu mengeluarkan zakat fitrah
-          Menyebutkan jumlah zakat fitrah yang wajib dizakati
-          Menyebutkan 8 golongan yang berhak menerima zakat fitrah dan mal
D.           Tujuan Pembelajaran
-          Dengan metode cermah dan tanya jawab serta penggunaan starategi parodi lagu siswa diharapkan dapat menyebutkan pengertian zakat fitrah dan hukum menunaikan zakat mal dengan baik dan benar
-          Dengan metode penugasan dan penggunaan strategi peer lesson siswa diharapkan dapat mendeskripsikan waktu mengeluarkan serta banyaknya jumlah zakat fitrah yang harus dikeluarkan dengan baik dan benar
-          Dengan metode permainan dan pengugunaanstrategi billiboard ranking siswa diharapkan dapat menyebutkan 8 golongan yang berhak menerima zakat fitrah dan mal dengan baik dan benar
E.            Karakter yang Diharapkan
Religius dan Berani
F.            Materi Pokok
1.      Pengetian Zakat Fitrah
2.      Hukum Zakat Fitrah
3.      Golongan yang berhak menerima Zakat Fitrah dan Mal
G.           Metode/Strategi Pembelajaran
a.      Metode        : Ceramah, Tanya Jawab , Penugasan dan Permainan
b.      Strategi        : Parodi lagu, Peer Lesson dan Billiboard Ranking
H.           Kegiatan Pembelajaran

Kegiatan pembelajaran
Waktu
Model Pembelajaran
Pendahuluan
·      Guru mengawali kegiatan belajar secara Islami : Salam pembuka, doa sebelum memulai pelajaran
·      Guru memberikan apersepsi sebelum pembelajaran dimulai
·      Guru  menjelaskan tujuan pembelajaran yang akan dicapai.
15 menit
Ceramah



Tanya Jawab
Inti
Pertemuan ke-1
·      Siswa diberikan kertas yang berisi parodi lagu tentang zakat fitrah
·      Guru memberi contoh parodi lagu yang akan dinyanyikan
·      Guru meminta siswa bersama-sama menyanyikan lagu zakat fitrah
·      Guru meminta perwakilan siswa atau menunjuk secara acak pada siswa untuk menyanyikan lagu zakat fitrah di depan kelas
·      Guru memberikan koreksi jika terdapat kesalahan
·      Guru memberikan penguatan materi
Pertemuan Ke-2
·      Siswa mendapatkan ringkasan materi yang sudah disiapkan guru
·      Setiap siswa diminta membaca dengan baik materi yang sudah diberikan
·      Guru meminta perwakilan siswa atau menunjuk secara acak pada siswa untuk menjadi duta “guru” guna menjelaskan kembali materi yang dibagikan dalam kelas-kelas kecil (kelompok)
Pertemuan Ke-3
·      Siswa dibagi menjadi 2 kelompok besar
·      Setiap kelompok diminta membaca dengan seksama dan mendiskusikan materi yang telah dibagikan
·      Setiap kelompok mendapatkan 8 potongan kertas yang berisi 8 golongan penerima zakat
·      Setiap kelompok diminta untuk beradu cepat mengurutkan potongan kertas 1 s/d potongan kertas ke 8 pada papan yang sudah disediakan. Kelompok tercepat akan menjadi pemenangnya
45
Menit






Parodi  Lagu













Peer Lesson










Billiboard Ranking

Penutup
·      Siswa diberi kesempatan bertanya tentang materi yang belum mereka fahami
·      Guru memberikan kesimpulan dari materi yang disampaikan
·      Guru menyampaikan rencana pembelajaran pada pertemuan selanjutnya
·      Guru mengakhiri pelajaran secara Islami : Do’a setelah belajar, salam penutup
10 menit

Tanya Jawab


Ceramah





I.         Sumber dan Alat
a.    Sumber :
Arina Manasikana, 2011. Fikih untuk Madrasah Ibtidaiyah Kelas IV, Yogyakarta: Insan Madani
b.    Alat
-       Kertas indeks
-       Double tape
J.        Penilaian
Aspek yang dinilai
Jenis Penilaian
Bentuk Instrumen
Kognitif
Tes Tulis
Soal 
Afektif
Pengamatan siswa di kelas
Rubrik Sikap
   

Mengetahui
Kepala MIS Nurul Falah


Masiati, S.Pd.I
NIP. 19710612 2005 012 003
       Patuno, 20 September 2014

Guru Kelas


Maria Ulfah S.Pd.I
   NIR. 0714017




No comments:

Post a Comment