RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)
Nama Sekolah :
MIS Nurul Falah
Mata Pelajaran :
Fiqih
Materi Pokok : Zakat Mal
Kelas/Semester :
IV/I
Pertemuan ke :
1,
2 dan 3
Alokasi Waktu : 6 x
35 menit
A.
Standar
Kompetensi
Mengenal
ketentuan zakat
B.
Kompetensi
Dasar
Menjelaskan
ketentuan zakat mal
C.
Indikator
Pencapaian Kompetensi
-
Menyebutkan
pengertian zakat mal
-
Menyebutkan hukum
menunaikan zakat mal
-
Menyebutkan harta
yang wajib dizakati
-
Menyebutkan jumlah
harta yang wajib dizakati
-
Menyebutkan jumlah
zakat mal yang harus dikeluarkan
-
Menyebutkan batas
waktu untuk mengeluarkan zakat (haul)
D.
Tujuan
Pembelajaran
-
Dengan metode cermah
dan tanya jawab serta penggunaan starategi parodi lagu siswa diharapkan dapat
menyebutkan pengertian zakat mal dan hukum menunaikan zakat mal dengan baik dan
benar
-
Dengan metode
permainan dan strategi index card match
siswa diharapkan dapat menyebutkan harta yang wajib dizakati dan jumlah harta
yang harus dizakati dengan baik dan benar
-
Dengan metode diskusi
dan permainan, tanya jawab dan strategi quiz
team siswa diharapkan dapat menyebutkan jumlah zakat mal yang harus
dikeluarkan dan batas waktu untuk mengeluarkannya (haul) dengan baik dan benar
E.
Karakter yang Diharapkan
Religius dan
Berani
F.
Materi
Pokok
1.
Tata cara
zakat mal
G.
Metode/Strategi
Pembelajaran
a.
Metode : Ceramah, Tanya Jawab , Diskusi dan Permainan
b.
Strategi : Parodi lagu, Index Card Match dan Quiz Team
H.
Kegiatan
Pembelajaran
Kegiatan
pembelajaran
|
Waktu
|
Model
Pembelajaran
|
|
Pendahuluan
|
·
Guru mengawali
kegiatan belajar secara Islami : Salam pembuka, doa sebelum memulai pelajaran
·
Guru memberikan
apersepsi sebelum pembelajaran dimulai
·
Guru menjelaskan tujuan pembelajaran yang akan
dicapai.
|
15 menit
|
Ceramah
Tanya Jawab
|
Inti
|
Pertemuan ke-1
·
Siswa diberikan kertas yang berisi
parodi lagu tentang zakat mal
·
Guru memberi contoh parodi lagu
yang akan dinyanyikan
·
Guru meminta
siswa bersama-sama menyanyikan lagu zakat mal
·
Guru meminta
perwakilan siswa atau menunjuk secara acak pada siswa untuk menyanyikan lagu
zakat di depan kelas
·
Guru
memberikan koreksi jika terdapat kesalahan
·
Guru
memberikan penguatan materi
Pertemuan Ke-2
·
Siswa
mendegarkan penjelasan guru tentang harta yang wajib dizakati dan nisabnya
·
Siswa dibagikan
kertas berwarna hijau yang berisi tulisan harta yang wajib dizakati
·
Siswa yang
lain diberikan kertas berwarna orange berisi tulisan nisab harta yang
dizakati
·
Siswa
diminta mencari pasangannya sesuai dengan kartu yang ia miliki (hijaus vs
orange)
·
Guru meminta
perwakilan siswa untuk menunjukkan kartunya dan pasangannya
·
Siswa
bersama guru mengoreksi hasil masing-masing pasangan
Pertemuan Ke-3
·
Siswa dibagi
menjadi 2 kelompok besar
·
Setiap
kelompok mendapatkan ringkasan materi yang sudah disiapkan guru
·
Setiap
kelompok diminta membaca dengan seksama dan mendiskusikan materi yang telah
dibagikan
·
Setiap
kelompok diminta untuk menunjuk 1 orang sebagai juru bicara dalam kelompoknya
·
Guru
membacakan soal quiz, soal dilombakan dalam bentuk rebutan. kelompok yang
paling banyak menjawab dengan benar akan menjadi pemenangnya
·
Tiap
kelompok berperan sebagai juri jawaban kelompok lainnya
|
45
Menit
|
Parodi Lagu
Index Card Match
Quiz Team
|
Penutup
|
·
Siswa diberi
kesempatan bertanya tentang materi yang belum mereka fahami
·
Guru
memberikan kesimpulan dari materi yang disampaikan
·
Guru
menyampaikan rencana pembelajaran pada pertemuan selanjutnya
·
Guru
mengakhiri pelajaran secara Islami : Do’a setelah belajar, salam penutup
|
10
menit
|
Tanya
Jawab
Ceramah
|
I.
Sumber
dan Alat
a.
Sumber :
Arina Manasikana,
2011. Fikih untuk
Madrasah Ibtidaiyah Kelas IV, Yogyakarta: Insan Madani
b.
Alat
-
Kertas indeks
J.
Penilaian
Aspek
yang dinilai
|
Jenis
Penilaian
|
Bentuk
Instrumen
|
Kognitif
|
Tes Tulis
|
Soal
|
Afektif
|
Pengamatan siswa di kelas
|
Rubrik Sikap
|
Mengetahui
Kepala
MIS Nurul Falah
Masiati, S.Pd.I
NIP. 19710612
2005 012 003
|
Patuno, 27 Agustus 2014
Guru
Kelas
Maria
Ulfah S.Pd.I
NIR. 0714017
|
No comments:
Post a Comment