RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)
Nama Sekolah : MTsN 1
Sleman
Mata Pelajaran : Fiqh
Materi Pokok : Puasa
Fardhu dan Puasa Sunnah
Kelas/Semester : VII/1 (Satu)
Pertemuan ke : 4 (Empat)
Alokasi Waktu : 1 X 35 menit
I. Standar Kompetensi
Memahami puasa fardhu dan puasa sunnah
II. Kompetensi Dasar
·
Menjelaskan
pengertian puasa
fardhu dan puasa sunnah
·
Menyebutkan
macam-macam puasa fardhu dan puasa sunnah
·
Menjelaskan
hikmah berpuasa
III.
Indikator
Pencapaian Kompetensi
1. Siswa
dapat menjelaskan pengertian puasa fardhu dan puasa sunnah
2. Siswa
dapat menyebutkan macam-macam puasa fardhu dan puasa sunnah
3. Siswa
dapat menjelaskan hikmah berpuasa
IV.
Tujuan
pembelajaran
1. Setelah
mempelajari pengertian puasa fardhu dan puasa sunnah dengan metode ceramah dan
tanya jawab, siswa dapat mennyebutkan pengertian Al-Qur’an menurut para ahli.
2. Setelah
mempelajari macam-macam puasa fardhu dan puasa sunnah dengan metode ceramah dan
tanya jawab serta didukung dengan strategi Quiz Team siswa diharapkan
dapat menyebutkan macam-macam puasa fardhu dan puasa sunnah.
3. Setelah
mempelajari hikmah berpuasa dengan metode ceramah, tanya jawab serta didukung
dengan strategi Every One Is Teacher, siswa dapat mengidentifikasi
perilaku orang yang meyakini kebenaran Al-Qur’an.
V.
Materi
Pokok
1. Pengertian
Puasa Fardhu dan Puasa Sunnah
2. Macam
Puasa
a. Puasa
Fardhu
b. Puasa
Sunnah
3. Hikmah
Berpuasa
VI.
Metode/Strategi
Pembelajaran
a. Metode
: Ceramah, Tanya Jawab
b. Strategi
: Every One Is Teacher dan Quiz Team
VII.
Kegiatan
Pembelajaran
|
Kegiatan
pembelajaran
|
Waktu
|
Model
Pembelajaran
|
Pendahuluan
|
a. Guru mengawali kegiatan belajar secara Islami :
Salam pembuka, doa sebelum memulai pelajaran.
b. Guru mengajukan pertanyaan-pertanyaan yang
mengaitkan pengetahuan sebelumnya dengan materi yang akan dipelajari.
c. Guru
menjelaskan tujuan pembelajaran yang akan dicapai.
|
5
menit
|
Ceramah
|
Inti
|
a.
Guru menyampaikan materi pembelajaran tentang
pengertian puasa fardhu dan puasa sunnah serta macam-macam nya.
b.
Guru menyampaikan materi pembelajaran tentang
hikmah
berpuasa.
c.
Guru membagi siswa menjadi 2 kelompok
d.
Guru
memberikan kartu indeks dan memberi intruksi kepada siswa untuk menuliskan
sebuah pertanyaan yang mereka anggap paling sulit
e.
Guru meminta
siswa untuk memutar kartu indeks dalam kelompoknya, dan memberi tanda (√)
pada pertanyaan yang mereka anggap sulit.
f.
Guru meminta
siswa untuk membacakan soal yang paling banyak tanda (√) nya dan meminta
relawan kelompok satunya lagi untuk memberi jawaban/komentar.
g.
Guru memberi
penegasan ulang terhadap pertanyaan-pertanyaan yang ada.
|
20
menit
|
Ceramah
Diskusi
Roll Playing
|
Penutup
|
a. Guru
memberikan kesimpulan dari materi yang disampaikan
b. Guru
memberikan Quiz kepada tiga
kelompok terkait ”macam-macam puasa dan hikmahnya”
c. Guru bersama-sama
dengan siswa menilai kelompok mana yang terbaik.
d. Guru
menyampaikan rencana pembelajaran pada pertemuan selanjutnya.
e. Guru
mengakhiri pelajaran secara Islami : Do’a setelah belajar, salam penutup
|
10
menit
|
|
VIII. Penilaian
Aspek
yang dinilai
|
Jenis
Penilaian
|
Bentuk
Instrumen
|
Contoh
Instrumen
|
Kognitif
|
Tes Lisan
|
Tanya Jawab (Everyone is A Teacher)
|
-
|
Afektif
|
Pengamatan siswa di kelas
|
Menyatakan pendapat, keberanian bertanya
dan antusiasme dalam mengikui pelajaran
|
-
|
Psikomotorik
|
Perbuatan
|
Keaktifan siswa selama mengikuti
pelajaran (Quiz Team)
|
-
|
VIII.
Sumber
dan Alat
a.
Sumber
- Alqur’an dan terjemahnya
-
M, Sihabudin M.A, Buku Paket Fiqh
untuk Kelas VII MTs, Bandung : Mizan,
2004
b.
Alat
Kertas Plano dan Kartu Indeks
Mengetahui
Kepala MTsN 1 Sleman
Nur Hidayah M,Ag
NIP. 19976007 200103 2 007
|
Sleman,
25
September 2012
Guru Mata Pelajaran
Maria Ulfah S.Pd.i
NIP. 10410027
|
No comments:
Post a Comment